Kompas TV entertainment selebriti

Riders Sheila On 7 untuk Konser di Jakarta Disorot, Kenapa Artis Membutuhkan Riders?

Kompas.tv - 31 Januari 2023, 06:32 WIB
riders-sheila-on-7-untuk-konser-di-jakarta-disorot-kenapa-artis-membutuhkan-riders
Duta Sheila on 7. Riders Sheila on 7 dalam konser di Jakarta disorot (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Riders band Sheila On 7 saat konser tunggal bertajuk “Tunggu Aku di Jakarta” pada Sabtu (28/1/2023) malam disorot publik lantaran sangat sederhana dan tidak neko-neko.

Riders adalah bagian dari kontrak pertunjukan yang mencakup spesifikasi untuk memfasilitasi penampilan artis. 

CEO Antara Suara, Andri Verraning Ayu mengungkap riders yang diminta para personel Sheila On 7 hanya makanan dan minuman. 

“Mereka tidak pernah merepotkan, enggak ada yang aneh. Basic minum, makanan, standar," kata Ayu di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (28/1/2023), dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Sederet Artis Nostalgia Bareng di Konser Sheila On 7 "Tunggu Aku di Jakarta"

Untuk makanan, Ayu menyebut bahwa para personel band asal Yogyakarta itu cari makan sendiri tanpa ada jadwal dan juga tak memilih-milih tempat makan mana yang hendak dikunjunginya. 

“Yang lucu enggak bisa bikin schedule, kayak mau lontong sayur nih, mau makan seafood di pinggir jalan, mau jalan ke mal. Mereka enggak peduli makan di pinggir jalan, pengin kuliner di Jakarta," tutur Ayu.

Bahkan untuk transportasi, Ayu mengatakan para personel Sheila On 7 tidak harus dijemput untuk datang ke Jakarta. Mereka juga tidak mengharuskan transportasi pesawat kelas bisnis atau semacamnya.

Beberapa dari personel, kata Ayu, ada membawa kendaraan sendiri dari jauh-jauh hari dan ada yang naik kereta dari Yogyakarta. 

"Bocoran sedikit, ada beberapa personel yang naik kereta, ada yang sudah duluan ke Jakarta bawa mobil sendiri. Mereka band Jogja yang sederhana," ucap Ayu. 

Ayu menuturkan, cerita-cerita yang beredar tentang kesederhanaan Sheila on 7 benar adanya karena ia merasakan sendiri. 

Mengapa Artis Membutuhkan Riders?

Dikutip dari Music Gateaway, Riders umumnya terbagi menjadi dua, yaitu riders teknis dan riders non-teknis. 

Riders teknis biasanya berisi tentang kebutuhan-kebutuhan teknis si artis di atas panggung, termasuk spesifikasi alat, lampu, dan perlengkapan lainnya. 

Baca Juga: Penampilan Sheila On 7 Guncang Panggung Bali Countdown 2023!

Sementara itu, riders non-teknis isinya adalah kebutuhan si artis dari segi makanan, akomodasi, transportasi, hingga keamanan. 

Fungsi Riders kerap dianggap sebagai hal yang hanya membuat rumit pihak panitia penyelenggara. Pasalnya, tak semua permintaan yang dituliskan di dalam riders bisa dikabulkan.

Namun, nyatanya riders berfungsi untuk menyaring mana pihak penyelenggara yang benar-benar siap atau hanya main-main. Karena seorang artis ingin acara yang digelar berjalan semulus mungkin. 

Sebelum manggung atau sesudah manggung, artis biasanya memiliki peralatan atau ritual khusus. Dengan disediakannya riders, maka artis tersebut akan tampil dengan lebih baik. 



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.