Kompas TV regional berita daerah

Diguyur Hujan Deras, Gunung Semeru Muntahkan Banjir Lahar

Kompas.tv - 30 Januari 2023, 18:13 WIB
Penulis : KompasTV Jember

LUMAJANG, KOMPAS.TV - : Hujan deras yang mengguyur kawasan puncak gunung semeru menyebabkan gunung tertinggi di Pulau Jawa itu memuntahkan banjir lahar hujan cukup besar. Akibatnya warga satu dusun terisolir, rumah hanyut terbawa lahar dan sejumlah fasilitas umum rusak.

Sejumlah warga Desa Jugosari Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang harus segera menepi karena banjir lahar hujan gunung semeru menerjang pada Minggu (29/1/2023). Bahkan banjir keluar dari jalurnya hingga mendekati pemukiman warga. Sejumlah pohon sengon dan kelapa banyak yang hanyut terseret banjir lahar hujan. Sejumlah peralatan tambang pasir juga terkena terjangan banjir lahar.

Bahkan sebuah rumah ikut ambruk terbawa lahar. Banjir lahar hujan kali ini cukup besar karena sungai penuh dengan material lahar yang membawa batu besar.

Baca Juga: Gunung Semeru Keluarkan Empat Kali Guguran Lava

BPBD Kabupaten Lumajang masih mendata kerusakan yang disebabkan banjir lahar kali ini. Petugas BPBD menghimbau kepada warga untuk selalu meningkatkan kewaspadaan mengingat curah hujan tinggi di puncak semeru masih sering terjadi.

 

#gunungsemeru #banjirlaharhujan #lumajang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x