Kompas TV regional berita daerah

Gunung Semeru Keluarkan Empat Kali Guguran Lava

Kompas.tv - 30 Januari 2023, 18:10 WIB
Penulis : KompasTV Jember

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Gunung Semeru di Lumajang Jawa Timur mengeluarkan empat kali guguran lava pada Minggu (29/1/2023. Jarak luncur guguran lava mencapai seribu meter dari kawah aktif jonggring saloko. Saat ini, gunung semeru masih berstatus siaga atau level III.

Guguran lava pijar gunung semeru terlihat jelas pada malam hari. Guguran lava dan erupsi letusan juga terlihat jelas pada pagi hari dari Desa Bades Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang.

Berdasarkan laporan pos pengamatan gunung api semeru di gunung sawur telah terjadi 19 kali letusan dengan ketinggian mencapai 500 hingga 600 meter di atas kawah dalam 6 jam terakhir.

Gunung tertinggi di pulau jawa itu juga kerap kali mengeluarkan suara gemuruh. Aktivitas semacam itu normal terjadi mengingat status gunung semeru masih level tiga atau siaga.

Baca Juga: Jarak Luncur Guguran Lava Pijar Semeru Bertambah Jauh

BPBD meminta masyarakat mematuhi rekomendasi PVMBG, yakni tidak boleh beraktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang besuk kobokan sejauh 13 kilometer dari pusat erupsi atau puncak semeru. Karena saat ini terjadi penumpukan material lava yang sewaktu-waktu bisa longsor dan membentuk awan panas guguran.

 

#gunungsemeru #guguranlavapijar #lumajang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x