Kompas TV regional berita daerah

Sampah di Tempat Pembuangan Akhir Pekalongan Melebihi Kapasitas

Kompas.tv - 30 Januari 2023, 13:12 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Permasalahan sampah masih menjadi pekerjaan rumah. Pasalnya, kondisi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Kota Pekalongan, Jawa Tengah kini kondisinya over kapasitas. Di TPA Degayu, Kota Pekalongan, tumpukan sampah mulai menggunung hingga 20 meter.

Setiap harinya, sampah di Kota Pekalongan yang dikirim ke TPA Degayu mencapai 120 ton, padahal biasanya, TPA Degayu hanya mendapat kiriman sampah sekitar 100 ton setiap harinya. Kenaikan sampah dikarenakan berbagai faktor, di antaranya libur Natal dan Tahun Baru.

Pemerintah Kota Pekalongan  berupaya untuk menata TPA Degayu agar bisa menampung sampah setiap hari. Namun, saat ini sudah tidak ada lahan lagi dan perlu dibuat zona baru. Salah satu upaya yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup Kota Pekalongan, yakni membuat tempat pengolahan sampah yang tersebar di kelurahan se-Kota Pekalongan.

“Kami tetap berupaya semaksimal mungkin untuk pengurangan sampah di tingkat sumbernya,”kata Joko Purnomo, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Pekalongan.

Masyarakat Kota Pekalongan sendiri diimbau agar bisa memilah sampah rumah tangganya di rumah sebelum dibuang agar dapat ikut membantu mengurangi volume sampah setiap harinya.

#tpa #pekalongan #sampah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x