Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Ternyata Penguasaan Titanium Ukraina Alasan Amerika Serikat dan Barat Dukung Kiev Lawan Rusia

Kompas.tv - 30 Januari 2023, 06:20 WIB
ternyata-penguasaan-titanium-ukraina-alasan-amerika-serikat-dan-barat-dukung-kiev-lawan-rusia
Menhan Amerika Serikat Lloyd Austin di Pangkalan Udara Rammstein Jerman. Dukungan AS dan Barat kepada Kiev melawan serangan Rusia ditengarai untuk menguasai sumber daya Titaniun Ukraina, yang banyak digunakan dalam berbagai senjata canggih, seperti laporan Newsweek, Sabtu (28/1/2023). (Sumber: Newsweek)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Dukungan Amerika Serikat dan Barat kepada Kiev untuk melawan serangan Rusia ditengarai untuk menguasai sumber daya logam Titaniun Ukraina. Logam ini banyak digunakan dalam berbagai senjata canggih, mulai jet tempur, rudal jarak jauh, helikopter serbu, dan banyak senjata lainnya.

Saat ini, seperti laporan Newsweek, Sabtu (28/1/2023), ada upaya baru yang sedang berlangsung di AS dan negara-negara sekutu untuk mengidentifikasi, mengembangkan, dan memanfaatkan sumber daya Ukraina yang sangat besar dari logam utama titanium. Logam ini sangat penting untuk pengembangan teknologi militer paling canggih di Barat yang menjadi tulang punggung persaingan perebutan dominasi masa depan terhadap Rusia dan Tiongkok.

Titanium adalah logam ringan dan kuat yang digunakan secara luas dalam peralatan militer canggih seperti jet tempur, helikopter, kapal angkatan laut, tank, rudal jarak jauh, dan banyak lainnya.

Jika Ukraina menang, AS dan sekutunya akan berada di posisi terdepan untuk menguasai dan mengolah sumber daya titanium. Tetapi jika Rusia berhasil merebut simpanan dan tanaman negara itu, Moskow akan meningkatkan pengaruh globalnya atas sumber daya yang semakin strategis itu.

Komoditas Vital

Departemen Dalam Negeri Amerika Serikat mengklasifikasikan titanium sebagai salah satu dari 35 komoditas mineral yang vital bagi keamanan ekonomi dan nasional AS. Namun AS masih mengimpor lebih dari 90 persen bijih titanium, dan tidak semuanya dari negara yang bersahabat dengan Amerika Serikat.

AS tidak lagi menyimpan spons titanium di Cadangan Pertahanan Nasional, sementara produsen spons titanium dalam negeri terakhir ditutup pada tahun 2020.

Ukraina adalah satu dari tujuh negara yang memproduksi spons titanium, bahan dasar logam titanium. China dan Rusia, saingan strategis Amerika yang paling menonjol, termasuk di antara kelompok terpilih dari tujuh negara penghasil titanium.

China memproduksi lebih dari 231.000 ton spons titanium tahun 2022, menurut Survei Geologi AS, menghasilkan 57 persen dari produksi global. Berikutnya datang Jepang dengan 17 persen, dan Rusia dengan 13 persen. Kazakhstan menghasilkan hampir 18.000 ton dan Ukraina lebih dari 4.000 ton.

Baca Juga: Rusia Tuduh Ukraina Serang Rumah Sakit di Daerah Pendudukan dengan HIMARS, 14 Orang Tewas

Titanium. Dukungan Amerika Serikat dan Barat kepada Kiev melawan serangan Rusia ditengarai untuk menguasai sumber daya logam Titaniun Ukraina, yang banyak digunakan dalam berbagai senjata canggih mulai jet tempur, rudal jarak jauh, helikopter serbu, dan banyak senjata canggih lain, seperti laporan Newsweek, Sabtu (28/1/2023). (Sumber: Sputnik News)

Tindakan Moskow memanfaatkan energi dan sumber daya menjadi senjata membuat Washington DC dan ibu kota NATO lainnya ketakutan setengah mati, bahwa suatu hari Kremlin mungkin juga membekukan ekspor titanium, yang akan membuat perusahaan kedirgantaraan dan pertahanan runtuh.

Ketergantungan Barat pada titanium Rusia berarti logam tersebut sejauh ini lolos dari kampanye sanksi yang diluncurkan terhadap Moskow oleh AS, Uni Eropa, dan sekutu mereka.

Raksasa kedirgantaraan Boeing mempertahankan usaha patungannya dengan VSMPO-Avisma Rusia, pengekspor titanium terbesar di dunia, meskipun membekukan pesanan setelah terjadinya serangan Rusia terhadap Ukraina. Lainnya, seperti perusahaan pesawat komersial Airbus Eropa, terus mendapatkan sumber titanium dari VSMPO.

Sebuah sumber yang mengetahui industri pertahanan AS, yang tidak ingin disebutkan namanya karena mereka tidak diizinkan untuk berbicara di depan umum, mengatakan kepada Newsweek bahwa titanium "adalah kerentanan utama."

“Kami berbicara tentang kemampuan kami untuk memproduksi lebih banyak pesawat, kami berbicara tentang kemampuan kami untuk memproduksi amunisi. Mereka semua bergantung pada titanium, dan kami membiarkan diri kami tumbuh bergantung pada pemasok asing untuk barang-barang ini. Rusia sebelumnya adalah salah satu pemasok utama itu."

Pakar keamanan nasional dan pendukung Ukraina di The Hill semakin mendesak para pembuat kebijakan untuk melihat ke timur. RUU pembelanjaan pertahanan tahunan tahun lalu memerintahkan Departemen Luar Negeri AS untuk menyelidiki "kelayakan pemanfaatan sumber titanium dari Ukraina sebagai alternatif potensial untuk sumber China dan Rusia."

"Ukraina punya simpanan mineral tanah jarang atau rare earth yang sangat signifikan, dan jika kita memainkan kartu kita dengan benar sebenarnya bisa menjadi alternatif yang sangat menarik untuk sumber-sumber Rusia dan China, di mana banyak ketergantungan saat ini," salah satu staf kongres, yang juga meminta anonimitas karena mereka tidak berwenang untuk berbicara di depan umum, kepada Newsweek.

"Karena ada perdebatan yang meningkat di seluruh dunia Barat tentang apa kepentingan kami untuk tetap mendukung Ukraina, saya pikir ini adalah salah satu argumen yang akan mulai Anda dengar lebih banyak."

Baca Juga: Challenger 2, Leopard 2 dan M1 Abrams Lebih Cepat dari Tank Rusia, Keunggulan Perang Milik Ukraina?

Kapal Perusak Amerika USS Zumwalt (kiri atas); jet tempur F-35 Korea Selatan buatan A.S. (kanan atas); tank tempur utama T-90 Rusia (kiri bawah); dan dua jet tempur Su-57 Rusia (kanan bawah) semuanya membutuhkan Titanium untuk senjata canggih mereka. (Sumber: Newsweek)

Rampasan Perang

Presiden Rusia Vladimir Putin dan sekutunya menawarkan serangkaian pembenaran untuk serangan yang sedang berlangsung. Merebut spons titanium Ukraina bukanlah salah satu tujuan publik Kremlin, tetapi akan menjadi keuntungan bagi Moskow.

Rusia punya tingkat cadangan mineral titanium yang relatif rendah, dan pada tahun 2021 Ukraina sebenarnya adalah sumber utama impor titanium Rusia, menurut Survei Geologi AS.

Sebagian besar pertempuran berpusat di Ukraina timur dan selatan, rumah bagi kekayaan sumber daya mineral bernilai triliunan dolar. Pasukan Rusia bahkan merebut setidaknya dua lokasi sumber daya bijih titanium pada bulan-bulan awal serangan.

Bahkan sebelum serangan Februari. Moskow berupaya mengamankan sumber daya titanium yang vital melalui jaringan korup para oligarki, pejabat, dan aset intelijen di Ukraina.

Orang kaya Ukraina, Dmitry Firtash yang sekarang tinggal di pengasingan di Austria tahun 2021 dipaksa menjual 49 persen sahamnya di Pabrik Titanium dan Magnesium Zaporizhzhia, satu-satunya pabrik spon titanium di Eropa, lalu dituduh menjual titanium ke Rusia untuk keperluan militer. Pada Januari 2022, Firtash menjual pabrik titanium Krimea ke perusahaan Titan Rusia.



Sumber : Newsweek

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.