Kompas TV nasional politik

Pengamat Sebut Jokowi Mampu Menjadi Ketua ASEAN 2023 yang Baik

Kompas.tv - 29 Januari 2023, 23:10 WIB
pengamat-sebut-jokowi-mampu-menjadi-ketua-asean-2023-yang-baik
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan sambutan di atas panggung acara Kick Off Keketuaan ASEAN Indonesia 2023, di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta, Minggu (29/1/2023) pagi. (Sumber: Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden/Nadia Intan F.)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pengamat menyebut Jokowi berpotensi menjadikan Indonesia sebagai Ketua Asosiasi Negara-Negara Asia Tenggara (ASEAN) yang baik.

Hal ini disampaikan oleh Teuku Faizasyah selaku Pengamat Hubungan Internasional, ia meyakini di tengah kondisi dunia yang sedang karut marut, Indonesia bisa mengupayakan yang terbaik untuk ASEAN.

“Memang kondisi saat ini tidaklah mudah. Namun Indonesia akan mengupayakan yang terbaik di saat memimpin ASEAN di tahun 2023. ASEAN yang stabil dan berkemakmuran akan dengan sendirinya berkontribusi bagi perdamaian dan pertumbuhan ekonomi di Indo Pasifik,” katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (29/1/2023), dikutip dari Antara.

Ia menjelaskan Indonesia bisa secara optimal memberikan kontribusinya terhadap beberapa isu-isu strategis, sembari menguatkan pertumbuhan ekonomi negara-negara ASEAN.

Baca Juga: Menlu Retno Ungkap Arti Tema Keketuaan ASEAN Indonesia 2023: Relevansi hingga Ekonomi

“Kalau berangkat dari tema, Indonesia ingin memastikan ASEAN bisa tetap mengambil peran di berbagai isu strategis di kawasan, seraya menjaga momentum pertumbuhan ekonomi di Asia Tenggara,” jelasnya.

Dia meyakini di tengah banyaknya ketidakpastian global saat ini, Indonesia pasti akan melakukan yang terbaik dan menjalankan peran kepemimpinan, sama halnya disampaikan oleh Presiden RI saat memimpin G20.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyampaikan tidak mudah bagi Indonesia untuk menjadi Ketua Asosiasi Negara-Negara Asia Tenggara (ASEAN) pada tahun ini di tengah kondisi dunia yang tengah bergolak.

"Kita telah menjalankan presidensi G20 dengan baik, dan tahun ini Indonesia menjadi Ketua ASEAN di tengah-tengah situasi global yang sangat tidak mudah," ucap Presiden dalam pembukaan kegiatan Kick Off Keketuaan ASEAN-Indonesia 2023 yang digelar di Bundaran Hotel Indonesia, Minggu (29/1).

Presiden Jokowi berpandangan, saat ini Indonesia menjadi ketua ASEAN di tengah situasi krisis ekonomi, energi, pangan, dan peperangan antara Ukraina dan Rusia.

Jokowi meyakini ASEAN masih diperlukan dan relevan bagi rakyat, kawasan, dan dunia. Selain itu, dia berharap ASEAN terus memberikan sumbangsih bagi perdamaian dan stabilitas serta perekonomian di Indo-Pasifik.

"Bahwa ASEAN akan terus dapat menjaga pertumbuhan ekonomi dan Asian matters, epicentrum of growth," kata Presiden Jokowi.

Baca Juga: Pegang Keketuaan ASEAN 2023, Indonesia akan Gelar Forum Ekonomi Indo-Pasifik


 



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x