Kompas TV nasional hukum

Kuasa Hukum Eliezer Sebut Pleidoi Sudah Maksimal: Kami Optimistis Keadilan Ada bagi Orang Kecil

Kompas.tv - 29 Januari 2023, 19:59 WIB
kuasa-hukum-eliezer-sebut-pleidoi-sudah-maksimal-kami-optimistis-keadilan-ada-bagi-orang-kecil
Terdakwa kasus pembunuhan berencana Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat, Richard Eliezer alias Bharada E, tiba untuk menjalani sidang tuntutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jakarta, Rabu (18/1/2023). (Sumber: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kuasa hukum terdakwa Bharada Richard Eliezer, Ronny Talapessy, menyebut pihaknya telah menyampaikan nota pembelaan atau pleidoi kliennya secara maksimal dalam kasus pembunuhan Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat.

"Dari tahapan pemeriksaan saksi, pembuktian Kita sudah melakukan pembelaan secara maksimal," kata Ronny dalam Kompas Petang Kompas TV, Minggu (29/1/2023). 

"Dan pun juga waktu kita mengajukan pleidoi kami sudah melakukan yang terbaik. Waktunya kita berdoa dan kita serahkan kepada majelis hakim."

Seperti diketahui, pada pekan depan, Eliezer akan menjalani sidang pembacaan replik atau jawaban jaksa terhadap nota pembelaan atau pleidoinya.

Ronny pun meyakini kilennya akan mendapatkan vonis ringan dalam kasus pembunuhan berencana Brigadir Yosua.

Dia mengatakan pihaknya optimistis keadilan tidak hanya berpihak kepada orang kaya, namun juga orang kecil. 

"Kalau dibilang optimis, pastinya harus optimis. Kenapa? Kalau kita tidak optimis nanti kita tidak percaya diri terhadap proses persidangan yang sudah berjalan," jelasnya.

"Kami selalu punya rasa optimisme bahwa keadilan itu ada untuk orang kecil, tidak hanya milik segelintir orang yang mampu dan kaya."

Sebab itu, dia mempercayakan kasus yang menjerat Eliezer sepenuhnya kepada majelis hakim.

"Jadi semuanya kita percayakan kepada majelis hakim yang memimpin persidangan, berjalan secara baik, transparan dan akuntabel, kita harus percaya," tegasnya.

Baca Juga: Momen Richard Eliezer Kutip Ayat Alkitab: Tuhan Menyelamatkan Orang-orang yang Remuk Jiwanya!

Dalam kesempatan itu, Ronny juga memberikan tanggapan terkait surat pleidoi Eliezer yang ditulis tangan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.