Kompas TV nasional peristiwa

Hadiri Perayaan Imlek, Jokowi Bicara Gotong Royong di Tengah Pandemi: Itulah Kita, Negara Pancasila

Kompas.tv - 29 Januari 2023, 18:09 WIB
hadiri-perayaan-imlek-jokowi-bicara-gotong-royong-di-tengah-pandemi-itulah-kita-negara-pancasila
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri perayaan Imlek Nasional di Lapangan Banteng, Jakarta, Minggu (29/1/2023). (Sumber: Tangkap Layar Kompas TV)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku senang dengan budaya gotong-royong yang menjadi kekuatan Indonesia dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Dia menegaskan, budaya gotong royong dalam masyarakat tersebut, mencerminkan Indonesia sebagai negara Pancasila.

Hal ini disampaikan saat menghadiri perayaan Imlek Nasional di Lapangan Banteng, Jakarta, Minggu (29/1/2023).

"Saya sangat senang, sangat menghormati budaya kita, tolong menolong, antartetangga, kawan, antar sesama pada saat pandemi," kata Jokowi. 

"Saling membantu, saling bergotong royong, bergandengan, itulah negara kita Indonesia, negara Pancasila, itulah yang menyelamatkan kita."

Sebab itu, dalam kondisi saat ini yang sudah lebih baik, masyarakat perlu saling membantu untuk bangkit dan optimistis untuk meningkatkan perekonomian.

Baca Juga: Hadiri Perayaan Imlek Nasional, Jokowi Kenakan Kemeja Cheongsam dan Disambut Pertunjukan Barongsai

"Karena situasinya sudah normal, saya mengajak kita semua bekerja keras, bangkit, optimistis mengejar ketertinggalan-ketertinggalan kita," ujarnya. 

Di sisi lain, Jokowi menekankan Indonesia patut bersyukur karena perekonomian tanah air saat ini tumbuh sangat baik. 

Menurut penjelasannya, pada kuartal III 2022 lalu, pertumbuhan ekonomi Indonesia cukup baik di angka 5,72 dan inflasi terkendali di 5,5.

Jokowi optimistis jika setiap masyarakat saling membantu untuk memulihkan ekonomi, maka pertumbuhan ekonomi Indonesia secara tahunan (year on year) bisa mencapai angka 5,3.

"Ini yang harus ditingkatkan terus, dioptimalkan terus dengan selalu bergandengan, yang gede gandeng yang tengah, yang tengah gandeng yang kecil, yang gede gandeng yang kecil, semuanya bermitra, bergandengan," tegasnya.

"Jangan lupa saat pandemi, kalau saat pandemi bisa, saat normal pun bisa, saling membantu, saling menolong, sehingga semuanya akan terangkat naik."

Baca Juga: Tanggapi Ketertarikan Kaesang Terjun ke Dunia Politik, Jokowi: Saya Enggak Akan Ikut-Ikut


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.