Kompas TV nasional politik

Tanggapi Ketertarikan Kaesang Terjun ke Dunia Politik, Jokowi: Saya Enggak Akan Ikut-Ikut

Kompas.tv - 29 Januari 2023, 12:03 WIB
tanggapi-ketertarikan-kaesang-terjun-ke-dunia-politik-jokowi-saya-enggak-akan-ikut-ikut
Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi memulai Keketuaan ASEAN Indonesia 2023 di Bundaran Hotel Indonesia (HI) Jakarta, Minggu (29/1/2023). Jokowi menanggapi kabar ketertarikan anak bungsunya, Kaesang Pangarep, untuk terjun ke ranah politik. (Sumber: Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden/Nadia Intan F.)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi menanggapi kabar ketertarikan anak bungsunya, Kaesang Pangarep, untuk terjun ke ranah politik.

Saat ditemui wartawan di kawasan Sarinah, Jakarta Pusat, Minggu (29/1/2023), Jokowi mengatakan dirinya tidak akan ikut campur pada ketertarikan Kaesang tersebut.

"Saya enggak akan ikut-ikut," ujar Jokowi, dikutip dari laporan tim jurnalis Kompas TV

Menurut Jokowi, Kaesang sudah berbicara langsung kepadanya mengenai ketertarikan untuk terjun ke dunia politik, dan Jokowi memberi kebebasan pada anak-anaknya.

"Sudah ngomong ke saya, tapi saya selalu memberikan kebebasan pada mereka," tuturnya.

Jokowi menegaskan, dirinya tidak akan mempengaruhi apa pun perihal ketertarikan anaknya tersebut, sebab mereka masing-masing sudah berkeluarga, sehingga harus bertanggung jawab terhadap keputusan yang akan diambil.

Baca Juga: Kata Jokowi Soal Kaesang Tertarik Terjun Politik: Putuskan Sendiri, Saya Tidak Ikut-ikut

"Saya enggak mempengaruhi, saya tidak memutuskan. Karena mereka sudah punya keluarga sendiri. Harus bertanggung jawab, bisa memutuskan sendiri," tegas Jokowi.

Sebelumnya, Kaesang Pangarep, dipastikan akan terjun ke dunia politik, terutama untuk Pemilihan Wali Kota Solo.

Bahkan muncul wacana bahwa Kaesang akan disandingkan dengan putra mantan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo bernama Rheo Fernandes.


 

Kabar ketertarikan Kaesang untuk terjun ke dunia politik berawal dari obrolan keluarga Jokowi saat mereka makan siang di salah satu kafe di Solo.

Dalam pembicaraan itu, Kaesang mengungkapkan ketertarikannya dalam dunia politik, dan menyebabkan sang ayah, Jokowi, dan kakaknya, Gibran Rakabuming Raka kaget.

"Mungkin kemarin malah sing kita bicarakan di meja makan itu malah Kaesang. Aku ya kaget. Dia secara terbuka kemarin menyampaikan ke saya, ke Bapak, dia ada ketertarikan politik," kata Gibran di Solo, seperti dikutip dari Kompas.com, Selasa (24/1/2023).

Biasanya, lanjut Gibran, saat berkumpul santai bersama keluarga, Kaesang tidak pernah membahas soal politik.

Baca Juga: Soal Bus Persis Solo Dilempari Batu, Kaesang Sentil Persita, Gibran Ngadu ke Kapolri dan PSSI

Namun saat itu berbeda. Kaesang tiba-tiba mengungkapkan ingin terjun ke dunia politik.

"Iya kan saya baru dengar kemarin. Aku ya kaget. Tenan po ra (betul atau tidak). Bapak ya kaget. Biasanya orang tau ngomongke ngunu kuwi (biasanya tidak pernah membicarakan seperti itu). Aku ya kaget," ujarnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.