Kompas TV entertainment lifestyle

Heboh Penipuan Undangan Nikah Bisa Bobol Rekening, Ini Cara Cek HP Disadap atau Tidak

Kompas.tv - 29 Januari 2023, 08:36 WIB
heboh-penipuan-undangan-nikah-bisa-bobol-rekening-ini-cara-cek-hp-disadap-atau-tidak
Cara cek Hp disadap atau tidak. Baru-baru ini muncul modus baru penipuan atau bobol rekening dengan modus mengirim undangan pernikahan digital yang dikirim melalui WhastApp. (Sumber: Unsplash)
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Baru-baru ini muncul modus baru penipuan atau bobol rekening dengan modus mengirim undangan pernikahan digital yang dikirim melalui WhastApp.

Bukan undangan nikah biasa, pengirim justru sengaja menyebarkan undangan pernikahan digital dengan format berkas aplikasi Android atau APK.

Apabila aplikasi penipuan undangan nikah itu di-install, pelaku hanya membutuhkan waktu 45-60 menit untuk menyedot seluruh data-data, termasuk data m-banking.

Mengerikannya lagi, pelaku bisa menyadap dan mengontrol ponsel dari jarak jauh sehingga mereka bisa melakukan apapun sesuka hati. 

Lantas, bagaimana cara mengetahui ponsel Anda disadap atau tidak? Ahli IT Universitas Muhammadiyah Surabaya, Taufiqurrahman menjelaskan ciri-ciri HP disadap.

Baca Juga: Waspada Penipuan Online Modus Kirim Undangan Pernikahan Digital yang Bisa Kuras Rekening

Melansir um-surabaya.ac.id, Minggu (29/1/2023) penyadapan HP terjadi ketika peretas menggunakan jaringan seluler atau perangkat lunak melalui aplikasi seluler untuk mengikuti aktivitas dan memantau percakapan. 

Cara Cek HP Disadap atau Tidak

1. Ada masalah saat mematikan ponsel

Menurut Taufiq, ciri-ciri HP yang disadap yang pertama adalah terjadi keanehan saat akan mematikan ponsel. Misalnya tiba-tiba kurang responsif atau sulit dimatikan.

“Saat mematikan telepon, periksa untuk melihat apakah penonaktifan gagal atau apakah lampu latar tetap menyala, bahkan setelah kita menyelesaikan proses penonaktifan. Jika itu masalahnya, pelakunya bisa jadi aplikasi berbahaya,” kata Taufiq.

2. SMS yang tidak biasa 

Ciri-ciri HP disadap yang krusial adalah menerima pesan teks aneh yang berisi angka, simbol, atau karakter acak. 

Hal tersebut adalah fitur remote control perangkat lunak mata-mata bekerja dengan mengirimkan pesan teks kode rahasia ke HP.  

3. Aktivitas aneh 

Cara termudah untuk mendeteksi jika ponsel seseorang disadap adalah dengan memperhatikan aktivitas aneh apa pun yang dialami HP secara tiba-tiba. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x