Kompas TV nasional peristiwa

Jubir KPK Luruskan Masalah Pemblokiran Rekening Pedagang Burung di Jatim, Ini Kronologinya

Kompas.tv - 29 Januari 2023, 06:00 WIB
jubir-kpk-luruskan-masalah-pemblokiran-rekening-pedagang-burung-di-jatim-ini-kronologinya
Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri (Sumber: ANTARA/Benardy Ferdiansyah)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ali Fikri menanggapi pemberitaan soal pemblokiran rekening penjual burung di Jawa Timur (Jatim) yang ramai dibicarakan. Ia menegaskan KPK tidak pernah meminta pihak bank BCA untuk memblokir rekening pedagang burung tersebut.

“Pemblokiran itu bukan permintaan KPK, tetapi KPK meminta pemblokiran rekening atas nama tersangka yang ternyata namanya sama dengan pedagang burung,” ujarnya, Sabtu (28/1/2023).

Ali Fikri memaparkan kronologi kejadian salah blokir rekening tersebut. Dalam perkara dugaan korupsi dana hibah di Jatim yang ditangani KPK ada empat orang tersangka. Salah satunya bernama IW atau Ilham Wahyudi.

Baca Juga: Nama Mirip Koruptor, Rekening Pedagang Burung di Pamekasan Jawa Timur Diblokir oleh KPK!

“Kami meminta pihak bank memblokir rekening tersangka dengan mengirimkan data secara lengkap identitas pemilik rekening yang seharusnya diblokir,” ucapnya.

Kemudian, pihak bank memblokir rekening dengan nama yang sama seperti permintaan KPK. Namun, ternyata rekening yang diblokir adalah rekening pedagang burung karena memiliki nama dan tempat tanggal lahir yang sama dengan tersangka.

“Informasi yang kami terima, rekening pedagang burung yang diblokir sudah dibuka kembali oleh BCA,” kata Ali Fikri.

Baca Juga: Ketika Rekening Pedagang Burung Diblokir karena Namanya Mirip Tersangka Korupsi, Ini Kata KPK

Kendati demikian, ia meminta untuk memaklumi kejadian ini karena nama dan tempat tanggal lahir yang sama. Menurut Ali Fikri, untuk evaluasi perbaikan sistem, identitas yang dipakai tidak hanya nama dan tempat tanggal lahir saja, melainkan juga alamat rumah.

“Alamat tersangka berbeda dengan alamat pedagang burung yang rekeningnya diblokir,” tuturnya.


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.