Kompas TV internasional kompas dunia

Partai UMNO Malaysia Gonjang-ganjing, Pecat Mantan Menkes dan Menhan Pemerintahan Sebelumnya

Kompas.tv - 28 Januari 2023, 01:07 WIB
partai-umno-malaysia-gonjang-ganjing-pecat-mantan-menkes-dan-menhan-pemerintahan-sebelumnya
Mantan Menteri Kesehatan Malaysia Khairy Jamaluddin tahun 2019. Partai yang sebelumnya berkuasa di Malaysia, UMNO, kini gonjang-ganjing. Mantan Menteri Kesehatan Khairy Jamaluddin dipecat dari UMNO karena "melanggar disiplin partai", sementara mantan Menteri Pertahanan Hishammuddin Hussein diskors. (Sumber: Unreserved Magazine Malaysia)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

KUALA LUMPUR, KOMPAS.TV - Partai yang sebelumnya berkuasa di Malaysia, UMNO, kini gonjang-ganjing. Mantan Menteri Kesehatan Khairy Jamaluddin dipecat dari UMNO karena "melanggar disiplin partai", sementara mantan Menteri Pertahanan Hishammuddin Hussein diskors.

Hal itu diumumkan Partai UMNO, Jumat (27/1/2023), seperti laporan Straits Times, Sabtu (28/1/2023).

Datuk Seri Hishammuddin, mantan wakil presiden partai dan mantan Kepala Informasi UMNO Shahril Hamdan termasuk di antara segelintir anggota yang diskors selama enam tahun, kata Sekretaris Jenderal UMNO Ahmad Maslan setelah rapat dewan tertinggi di Kuala Lumpur pada Jumat.

“Malam ini saya dipecat oleh partai yang saya cintai, yang saya tunjukkan kesetiaannya. Tidak membungkuk, tidak membungkuk, tidak putus-putus,” cuit Khairy usai keputusan itu diumumkan.

Rapat dewan tertinggi pada Jumat malam di Menara Dato Onn diawasi ketat oleh pengamat politik di tengah meningkatnya spekulasi tindakan disipliner akan diambil terhadap mantan anggota parlemen Rembau Khairy.

Keanggotaan partainya dipertanyakan setelah klaimnya terkait "delegasi impor didatangkan" di majelis umum UMNO baru-baru ini untuk memanipulasi pemungutan suara.

Majelis memilih tidak akan ada persaingan untuk dua posisi teratas partai pada pemilihan partai mendatang.

Mantan Ketua Pemuda UMNO itu mengatakan pada Kamis dia siap menghadapi tindakan apa pun, termasuk pemecatan.

“Tentu saja aku siap untuk apa pun. Bagaimanapun, ini adalah politik. Anda tidak terjun ke politik tanpa mempersiapkan diri untuk kemungkinan apa pun,” kata Khairy.

Khairy memperebutkan daerah pemilihan parlemen Sungai Buloh pada pemilihan umum tahun lalu, yang menyaksikan pertarungan tujuh sudut. Mantan anggota parlemen tiga periode itu kalah dari Ramanan Ramakrishnan dari Pakatan Harapan.

Baca Juga: UMNO Setuju Dukung Pembentukan Pemerintahan Persatuan, Kemelut Politik Malaysia Temui Titik Terang

Partai yang sebelumnya berkuasa di Malaysia, UMNO, kini gonjang-ganjing. Mantan Menteri Kesehatan Khairy Jamaluddin dipecat dari UMNO karena melanggar disiplin partai, sementara mantan Menteri Pertahanan Hishammuddin Hussein diskors. (Sumber: Straits Times)

Sebelumnya Jumat, UMNO, anggota kunci dari pemerintah persatuan Malaysia, memecat mantan kepala divisi Selangor Noh Omar, yang pertama dari beberapa anggota disiplin karena berbicara menentang keputusan tidak ada kontes.

Tan Sri Noh Omar mengatakan, “lebih baik memecat saya daripada menskors saya” ketika dia diberitahu tentang keputusan partai untuk menskors dia selama enam tahun.

“Malam ini bersejarah bagi saya. Presiden partai (wakil perdana menteri Malaysia Zahid Hamidi) dalam pidatonya di pertemuan dewan tertinggi UMNO mengumumkan beberapa anggota akan dipecat dan diskors."



Sumber : Kompas TV/Straits Times

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.