Kompas TV regional berita daerah

Prediksi Cuaca Buruk Masih Terjadi Dalam Tiga Hari ke Depan

Kompas.tv - 27 Januari 2023, 17:08 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

ACEH BESAR, KOMPAS.TV - Dalam sepekan terakhir, hampir seluruh wilayah Aceh diguyur hujan dengan curah sedang hingga lebat, sehingga membuat beberapa kabupaten kota di Aceh seperti Aceh Utara, Pidie dan Pidie Jaya Alami Banjir. 

Penyebab terjadinya curah hujan yang tinggi karena adanya konvergensi dan shearline atau belokan angin sehingga berpotensi munculnya pertumbuhan awan hujan, fenomena ini sering terjadi di Aceh terutama saat memasuki musim peralihan.  

Menurut BMKG Stasiun Metereologi Kelas Satu Blangbintang Aceh Besar, daerah disepanjang pantai barat selatan akan alami curah hujan yang tinggi. Bahkan BMKG juga telah mengeluarkan potensi siaga banjir untuk wilayah Aceh Jaya, Aceh Tengah, Meulaboh, dan Nagan Raya. 

Adapun wilayah yang masih alami cuaca buruk diantaranya Nagan Raya, Aceh Selatan, Subulussalam, Aceh Barat, Aceh Jaya  dan beberapa kabupaten yang berada di wilayah tengah dan tenggara Aceh. 

Selain itu warga Aceh juga diimbau untuk waspada terhadap hujan yang disertai kilat atau petir dan angin kencang selama melakukan aktivitas diluar rumah. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x