Kompas TV olahraga sepak bola

Arema FC Ajukan Protes, Bus Pemain Diserang Usai Tanding Lawan PSS Sleman

Kompas.tv - 27 Januari 2023, 14:44 WIB
arema-fc-ajukan-protes-bus-pemain-diserang-usai-tanding-lawan-pss-sleman
Samping bus yang digunakan Arema FC tampak kaca pecah dilempari oknum usai pertandingan pekan ke-20 Liga 1 2022-2023 melawan PSS Sleman yang berakhir dengan skor 2-0 di Stadion Maguwoharjo Sleman, Kamis (26/1/2022) malam. (Sumber: Kompas.com/Dok Arema FC)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Iman Firdaus

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Pihak Arema FC tengah menyusun langkah protes untuk menindaklanjuti kasus penyerangan terhadap tim usai pertandingan pekan ke-20 Liga 1 2022-2023 melawan PSS Sleman di Stadion Maguwoharjo Sleman, Kamis (26/1/2023), malam.

Pihak Arema FC kecewa karena hak mendapatkan rasa aman sebagai tim tamu tidak terpenuhi.

Seperti diketahui, penyerangan terjadi ketika oknum tidak dikenal menyerang bus para pemain tim Arema FC menggunakan batu seusai mereka bergerak meninggalkan stadion.

Akibat penyerangan tersebut, kaca depan, samping kiri, dan belakang mengalami kerusakan parah. Korban luka dari pemain dan ofisial pun tidak terhindarkan.

Dalam insiden itu pipi Dendi Santoso dan leher Joko Susilo terkena lemparan batu, kemudian Adilson Maringa dan Achmad Figo juga terluka akibat terkena serpihan kaca.

Baca Juga: Suara Keras Aremania di Gedung DPR soal Tragedi Kanjuruhan: Negara Tidak Hadir, Trauma Belum Selesai

Luka paling parah dialami asisten pelatih Kuncoro, yang kakinya robek dan dia sempat mendapatkan perawatan medis di rumah sakit.

Manajer Arema FC, Wiebie Dwi Andriyas, mengungkapkan teror terhadap tim juga sudah terasa sejak pertandingan berjalan.

"Ya, pasti akan protes terkait kejadian ini," ujar Wiebie dikutip dari Kompas.com, Jumat (27/1/2023).

"Dari awal jelang pertandingan, suporternya Sleman sudah seperti itu. Ada kata-kata rasis, tulisan-tulisan itu tadi. Operator tadi banyak yang tahu," tambahnya.

"Kami pasti mengajukan protes, kami susun layangkan protes," pungkasnya.

Selain itu langkah tindaklanjut Arema FC merujuk pada Regulasi Liga 1 2022-2023 Pasal 4 tentang Keamanan dan Kenyamanan.

Dalam Ayat 1 dijelaskan bahwa klub tuan rumah bertanggung jawab memikirkan, merencanakan, dan menjalankan sistem keamanan dan kenyamanan yang baik dalam pelaksanaan Liga 1 di semua tempat.

Mereka juga diwajibkan melindungi semua personel, baik pemain dan ofisial, perangkat pertandingan, awak pers, sponsor dan partner komersial, serta fans maupun suporter.

Hal ini dipertegas lagi pada Ayat 2 yang berbunyi klub tuan rumah bertanggung jawab untuk menjamin keamanan dan kenyamanan sebelum, pada saat, dan setelah berlangsungnya pertandingan.

Baca Juga: Kronologi Bus Arema FC Diserang usai Tanding di Sleman



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x