Kompas TV internasional kompas dunia

Usai Perkosa 2 Perempuan, Pria Skotlandia Ganti Kelamin, Debat Sengit hingga PM Turun Tangan

Kompas.tv - 27 Januari 2023, 11:48 WIB
usai-perkosa-2-perempuan-pria-skotlandia-ganti-kelamin-debat-sengit-hingga-pm-turun-tangan
Perempuan transgender Isla Bryson memutuskan ganti kelamin jadi wanita setelah memperkosa dua perempuan, dan dimasukkan ke penjara pria karena dianggap berbahaya jika ditahan di penjara perempuan. (Sumber: BBC)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Iman Firdaus

EDINBURGH, KOMPAS.TV - Seorang pria di Skotlandia memutuskan mengganti kelamin setelah memperkosa dua perempuan.

Adam Graham nama pria pemerkosa itu,  memutuskan mengganti kelamin menjadi wanita dan mengganti nama menjadi Isla Bryson.  Operasi ganti kelamin itu pun dilakukannya saat tengah menunggu proses pengadilan. Tidak dijelaskan alasan Adam ganti kelamin dan identitas diri  jadi prempuan.

Namun pengadilan setempat rupanya tidak terpengaruh. Adam tetap dijebloskan ke tahanan atas dakwaan memperkosa dua perempuan.

Awalnya, rencana Adam berjalan mulus. Ia sempat ditahan di penjara  Cornton Vale di Stirling, penjara khusus perempuan, tak lama setelah didakwa. 

Baca Juga: Batu Bermuatan Energi Listrik Layaknya Vibranium Ditemukan di Kongo? Cek Faktanya!

Namun, pada Kamis (26/1/2023) lalu, otoritas setempat memindahkannya ke penjara HMP Edinburgh, penjara khusus kaum pria.

Kepindahan ini dilakukan setelah Menteri Pertama Skotlandia, Nicola Sturgeon,  mengumumkan bahwa Bryson alias Adam tak diizinkan untuk menghabiskan masa tahanannya di Cornton Vale.

Hukuman buat Bryson akan dijatuhi bulan depan, setelah dinyatakan bersalah melakukan pemerkosaan pada Selasa (24/1/2023).

Ini menjadi kasus pertama seorang transpuan dihukum karena memperkosa wanita di Skotlandia.



Sumber : BBC

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.