Kompas TV internasional kompas dunia

Mesir Umumkan Temuan Makam Kuno Terbaru, Tidak Tersentuh sejak 4.300 Tahun Lalu

Kompas.tv - 27 Januari 2023, 04:30 WIB
mesir-umumkan-temuan-makam-kuno-terbaru-tidak-tersentuh-sejak-4-300-tahun-lalu
Mesir hari Kamis, (26/1/2023) mengumumkan temuan arkeologi terbaru termasuk dua makam kuno di taman pemakaman Firaun di luar ibu kota Kairo. Artefak-artefak tersebut ditemukan di bawah pagar batu kuno di dekat piramida Saqqara dan berasal dari dinasti kelima dan keenam Kerajaan Lama, mulai dari sekitar 2500 SM hingga 2100 SM. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

SAQQARA, KOMPAS.TV - Mesir mengumumkan temuan arkeologi terbaru termasuk dua makam kuno di taman pemakaman Firaun di luar ibu kota Kairo, Kamis (26/1/2023).

Melansir laporan Associated Press, artefak-artefak tersebut ditemukan di bawah pagar batu kuno di dekat piramida Saqqara dan berasal dari dinasti kelima dan keenam Kerajaan Lama, mulai dari sekitar 2500 SM hingga 2100 SM, kata tim penggalian.

Salah satu makam yang ditemukan milik seorang pendeta dari dinasti kelima yang dikenal sebagai Khnumdjedef, sedangkan makam lainnya milik seorang pejabat bernama Meri, seorang pejabat istana yang menyandang gelar "penjaga rahasia," kata tim tersebut. Temuan besar lainnya dari penggalian termasuk patung, jimat, dan sarkofagus yang terpelihara dengan baik.

Arkeolog paling terkenal dan direktur penggalian Mesir, Zahi Hawass, secara pribadi mengungkap penemuan baru dari Gisr al-Mudir.

"Saya melongokkan kepala ke dalam untuk melihat apa yang ada di dalam sarkofagus: mumi cantik seorang pria yang seluruhnya tertutup lapisan emas," kata Hawass.

Makam terbesar, "dihiasi dengan pemandangan kehidupan sehari-hari," milik seorang pendeta, inspektur dan pengawas bangsawan bernama Khnumdjedef, kata Hawass.

Artefak itu ditemukan di kompleks piramida Unas, raja terakhir dari dinasti kelima yang memerintah sekitar 4.300 tahun yang lalu.

Baca Juga: Terbukti Hasil Jarahan, Amerika Serikat Kembalikan Sarkofagus Kayu Mesir Kuno ke Mesir

Pintu masuk makam Mesir Kuno temuan terbaru. Mesir hari Kamis, (26/1/2023) mengumumkan temuan arkeologi terbaru termasuk dua makam kuno di taman pemakaman Firaun di luar ibu kota Kairo. Artefak-artefak tersebut ditemukan di bawah pagar batu kuno di dekat piramida Saqqara dan berasal dari dinasti kelima dan keenam Kerajaan Lama, mulai dari sekitar 2500 SM hingga 2100 SM. (Sumber: EPA-EFE)

Makam lain milik Meri, yang menurut Hawass menjabat sebagai "penjaga rahasia" yang ditunjuk Firaun. Itu adalah gelar imam pejabat istana senior yang berkuasa dan berwenang melakukan ritual keagamaan khusus.

Makam ketiga milik seorang pendeta di kompleks piramida Firaun Pepi I, dan yang keempat milik seorang hakim dan penulis bernama Fetek, tambah Hawass.

Makam Fetek termasuk koleksi "patung terbesar" yang pernah ditemukan di daerah itu, kata Mostafa Waziri, kepala Dewan Purbakala Mesir, kepada wartawan.

Di terowongan sepanjang 15m, ekspedisi juga menemukan sarkofagus batu kapur besar yang masih tersegel "seperti yang ditinggalkan orang Mesir kuno 4.300 tahun yang lalu", kata Hawass.



Sumber : Kompas TV/Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.