Kompas TV regional berita daerah

Mengenalkan Kantor Pos Pada Anak Usia Dini, Diajak Belajar Berkirim Surat

Kompas.tv - 26 Januari 2023, 22:12 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV - Belajar di luar kelas selalu menjadi hal yang menyenangkan bagi siswa. Seperti Sekolah PAUD di Kota Malang yang mengajak anak didiknya belajar langsung di Kantor Pos. Selain pengenalan lingkungan kegiatan ini juga untuk mengenalkan Kantor Pos pada anak usia dini.

Tak hanya sekadar berkunjung 27 siswa PAUD ini juga belajar mengirim surat. Selembar kartu pos yang sudah berisi alamat tujuan yang lengkap dengan perangko sudah disiapkan oleh siswa dari rumah. Tak hanya itu, kartu pos ini juga sudah digambar sendiri oleh siswa.

Ninik Yulianti, Kepala Sekolah PAUD menjelaskan, kegiatan belajar di luar sekolah ini untuk mengajak siswa mengenal profesi dan lingkungan sekitar. Dipilihnya Kantor Pos ini juga dimaksudkan agar di usia dini, mereka bisa mengenal kantor pos sebagai sarana untuk berkirim surat dan komunikasi.

Bagi anak-anak, mengirim surat merupakan hal yang sangat jarang mereka temui terlebih dengan kecanggihan teknologi, komunikasi menjadi lebih mudah. Kartu pos yang dikirim oleh siswa dialamatkan pada rumah sendiri atau kerabat, sehingga siswa benar benar merasakan mengirim dan menerima surat.

"Agar anak-anak tidak jenuh, anak-anak jadi tahu proses membuat dan berkirim surat karena sekarang sudah jarang juga kan kirim surat itu," terang Ninik.

Selain Kantor Pos, mengenal lingkungan dan belajar di luar sekolah rutin dilakukan di beberapa instansi lain. Selain agar siswa tidak bosan, belajar di luar sekolah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan siswa mengenal hal-hal baru.

#kantorpos #paudmalang

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x