Kompas TV nasional politik

Adi Prayitno: Pilihan Politik Kaesang Pangarep Sudah Bisa Ditebak, PDIP

Kompas.tv - 26 Januari 2023, 20:03 WIB
adi-prayitno-pilihan-politik-kaesang-pangarep-sudah-bisa-ditebak-pdip
Putra bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep, ingin terjun ke dunia politik.(Sumber: Instagram @kaesangp)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Direktur Eksekutif Parameter Politik Adi Prayitno menilai putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, akan memilih Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai kendaraan politiknya.

Menurut Adi, jika ditilik melalui perspektif politik elektoral, sikap Kaesang tidak akan jauh dari sikap politik Jokowi dan sang kakak, Gibran Rakabuming Raka.

“Dengan tanpa ingin mensimplifikasi bahwa Kaesang pilihan politiknya sudah bisa ditebak, PDIP, bukan ke yang lain,” kata Adi dalam Kompas Petang Kompas TV, Kamis (26/1/2023).

Baca Juga: Kaesang Ingin Masuk Politik, PKB Beri Karpet Merah: Dia Anak Muda yang Potensial dan Populer

Hal itu berkaitan dengan isu Kaesang akan mencalonkan diri sebagai Wali Kota Solo, jabatan yang saat ini dipegang sang kakak, Gibran.

Jika benar demikian, Adi menilai ada kemungkinan Kaesang akan bergabung dengan PDIP.

“Kalau Kaesang betul ingin menjadi Wali Kota Solo, pilihan rasionalnya adalah PDIP, ini kandang banteng, ini basisnya Jokowi. Kita tidak bisa menafikan sebagai variabel penting,” jelasnya.

Berkaca pada pengalaman Gibran, suami Erina Gudono itu dinilai bisa menjadi Wali Kota Solo jika bergabung dengan PDIP.

Adi mengatakan Gibran mendapatkan kemenangan mutlak dalam pemilihan Wali Kota Solo meski kala itu tidak memiliki pengalaman atau rekam jejak di dunia politik.

“Gibran juga tidak punya pengalaman politik juga bisa menang mutlak,” tegasnya.

Baca Juga: Gibran Ungkap Syarat Kaesang Maju Pilkada Solo: Sowan FX Rudy

Sebelumnya, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menjelaskan keinginan adiknya, Kaesang Pangarep, untuk terjun ke dunia politik. Gibran mengatakan, Kaesang mengungkapkan keinginan untuk terjun ke dunia politik secara langsung kepada ayahnya, Jokowi.

"Yang kami bicarakan di meja makan itu Kaesang. Saya juga kaget, dia secara terbuka menyampaikan ke kami ada ketertarikan di politik," kata Gibran, Selasa (24/1).

Usai pernyataan tersebut dilontarkan, sejumlah partai politik ramai-ramai menggelar karpet merah untuk Kaesang, mulai dari PKB, PPP, PAN, NasDem, hingga Gerindra.


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x