Kompas TV video vod

Melestarikan Budaya Suku Dayak Kenyah Lewat Tradisi Meja Panjang

Kompas.tv - 26 Januari 2023, 16:41 WIB
Penulis : Kharismaningtyas

MALINAU, KOMPAS.TV - Beragam cara masyarakat menyambut kegiatan awal tahun. Salah satu tradisi unik datang dari masyarakat yang tinggal di perbatasan dan pedalaman adat. Tepatnya di Desa Batu Kajang, Kecamatan Malinau Selatan Hilir, Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara.

Namanya, Tradisi Meja Panjang. Tradisi ini merupakan upaya masyarakat dalam melestarikan tradisi nenek moyang. Tradisi ini dilakukan di setiap awal tahun.

Dalam acara Meja Panjang, sajian makanan disusun secara memanjang.

Sajian tersebut merupakan hasil bumi yang dipanen dari pertanian dan perkebunan milik masyarakat.

Tak ketinggalan, hasil perikanan dari para nelayan di Suku Dayak Kenyah.  Namun warga diwajibkan mengenakan baju atau aksesoris Adat Suku Dayak Kenyah. Tak hanya sajian makan dari hasil bumi dan sungai.

Tradisi meja panjang ini juga menampilkan seni tari tradisional khas Suku Dayak. Salah satunya adalah Tari Gong yang ditampilkan dalam penyambutan para tamu yang hadir dalam pesta adat.

Tak hanya itu, warga juga secara bergotong royong membersihkan desa sebagai salah satu program pemerintah desa yang wajib dilaksanakan. Pemerintah setempat berharap budaya ini dapat dipertahankan oleh masyarakat, agar bisa mengjarkan anak cucu mereka di masa mendatang. Sekaligus bisa menjadi daya tarik wisata bagi desa mereka.

Selain itu, pemerintah setempat juga menyampaikan bahwa ritual adat ini merupakan simbol masyarakat dalam meraih kesuksesan di tahun yang baru, termasuk harapan meningkatnya kesehatan masyarakat pasca covid-19.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x