Kompas TV nasional peristiwa

Dua Menteri Ikut Bursa Ketum-Waketum PSSI, Wapres: Pemerintah Tak Lakukan Intervensi

Kompas.tv - 26 Januari 2023, 16:55 WIB
dua-menteri-ikut-bursa-ketum-waketum-pssi-wapres-pemerintah-tak-lakukan-intervensi
Komite Pemilihan PSSI memberi tenggat kepada calon pengurus PSSI untuk melengkapi dokumen sebelum tanggal 21 Januari 2023. (Sumber: PSSI.org)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Purwanto


 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dua menteri dalam Kabinet Indonesia Maju mendaftarkan diri sebagai calon Ketua Umum dan Wakil Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) periode 2023-2027. Keduanya adalah Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali yang mendaftrkan diri pada pertengahan Januari lalu.  

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menanggapi dua menteri yang mendaftarkan diri sebagai calon pimpinan pengurus PSSI itu. Menurut Ma'ruf, tidak ada niat dari pemerintah untuk mengintervensi PSSI. "Kalau intervensi saya kira pemerintah tidak ada melakukan intervensi," kata Ma'ruf dalam keterangannya, Kamis (26/1/2023). 

Ma'ruf menjelaskan, yang terpenting adalah pencalonan dua menteri tersebut tidak melanggar aturan, baik dari FIFA maupun PSSI. Dalam pencalonan mereka pun harus seizin Presiden Joko Widodo. 

"Tetapi ketika dia itu mencalonkan, itu yang harus penting bahwa itu apa ada larangan dari FIFA atau juga larangan dari PSSI sendiri apa ada larangan atau tidak? Kalau tidak ada larangan berarti tidak ada masalah. Dan juga dapat izin dari atasannya Presiden," jelas dia.

Meski demikian, Wapres Ma'ruf mengingatkan dua menteri tersebut untuk tidak mengesampingkan tugasnya.  

"Harus dipastikan tidak boleh mengganggu, harus dipastikan, jadi kalau mengganggu ya jangan, tapi harus dipastikan bahwa memang tidak mengganggu," tegas dia.

Baca Juga: Menko PMK Tak Permasalahkan Menpora Maju Waketum PSSI: Kita Sudah Biasa Kerja Tambahan

Dia kembali menegaskan pemerintah tidak memiliki niat untuk mengintervensi PSSI, justru pemerintah ingin mendorong supaya sepak bola Indonesia maju.

"Supaya sepak bola kita itu jangan terus tidak maju-maju, kalah terus, jadi harus dicari apa salahnya? Semua pelatih yang hebat didatangkan, tapi apa betul orang Indonesia itu tidak punya potensi? Saya belum yakin," tambah Ma'ruf.

Diberitakan sebelumnya, Erick Thohir mendaftarkan diri seagai calon Ketua Umum PSSI dan Zainuddin mendaftarkan diri sebagai Wakil Ketua Umum PSSI. Total sudah ada lima kandidat Ketua Umum PSSI dan 17 calon wakil ketua umum PSSI. 

Para calon harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan sebelum bersaing pada Kongres Luar Biasa pada 16 Februari 2023.

Komite Pemilihan akan memverifikasi hingga mengumumkan daftar calon sementara pada 31 Januari 2023.

Baca Juga: Bersaing Lawan Erick Thohir, La Nyalla Optimis Bakal Kembali Duduki Posisi Ketum PSSI



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x