Kompas TV regional berita daerah

Gedung Tua Aset BUMN di Kota Lama Semarang Akan Dioptimalkan

Kompas.tv - 26 Januari 2023, 12:37 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Menteri BUMN Erick Thohir berkomitmen untuk mengembangkan kawasan Kota Lama Semarang, Jawa Tengah sebagai magnet pariwisata di Provinsi Jawa Tengah yang memiliki nilai sejarah bergaya kolonial. Komitmen tersebut disampaikan Erick Thohir saat menghadiri Injourney Street Festival di kawasan Kota Lama Semarang pada Sabtu (21/1/2023) lalu dengan didampingi Plt Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu.

Erick Thohir juga mendukung pengembangan pariwisata di Kota Lama Semarang yang sedang dalam proses revitalisasi. Pasalnya, sekitar 80 persen gedung-gedung yang berada di kota lama merupakan milik BUMN. Untuk itu, Erick memastikan aset yang dimiliki BUMN harus dikembangkan.

Seperti halnya gedung cagar budaya Gedung Jiwasraya yang berhadapan dengan Gereja Blenduk. Gedung ini akan diubah menjadi hotel bintang empat dengan alih fungsi Gedung Jiwasraya menjadi hotel akan mendorong minat wisatawan untuk berlibur ke Kota Lama Semarang.

“Daripada aset ini diam, justru harus kita kembangkan,”ujar Erick Thohir.

Plt Wali Kota Semarang Hevearita menyampaikan, adanya optimalisasi aset BUMN yang ada di kota lama akan menjadi destinasi wisata yang lengkap.

“Ada banyak dari bank Mandiri, kemudian Jiwasraya, PPI, ini tentunya akan bisa menjadi satu destinasi wisata yang utuh,”kata Hevearita Gunaryanti Rahayu, Plt Wali Kota Semarang.

Dengan adanya pengembangan revitalisasi di Kota Lama Semarang dan optimalisasi aset BUMN yang ada, seperti pembangunan pusat perbelanjaan, kafe, hotel, restoran, dan lainnya akan menjadikan kota lama sebagai one stop destination bagi wisatawan.

#erickthohir #kotalamasemarang #bumn



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x