Kompas TV olahraga kompas sport

Menpora Sebut Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah di Beberapa Ajang Olahraga

Kompas.tv - 26 Januari 2023, 10:53 WIB
menpora-sebut-indonesia-siap-jadi-tuan-rumah-di-beberapa-ajang-olahraga
Menpora Zainudin Amali mengatakan bahwa izin kelanjutan Liga 1 merupakan wewenang Polri. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Indonesia terpilih menjadi tuan rumah di perhelatan sejumlah ajang olahraga internasional pada 2023, di antaranya U20 FIBA World Cup, Piala Dunia U20, ANOC World Beach Game.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, menyampaikan kesiapan Indonesia dalam menjadi tuan rumah sudah berjalan sangat baik, namun ada beberapa hal yang perlu lebih diperhatikan.

“Soal pelaksanaan Piala Dunia U20 saya sudah laporkan semuanya dalam keadaan siap,” kata Menpora dikutip dari Kompas.com, Rabu (25/1/2023).

“Kedua adalah Piala Dunia FIBA 2023 dan juga ANOC World Beach Games. Secara keseluruhan, ini sudah dalam kondisi siap. Tinggal ada beberapa hal yang perlu mendapatkan perhatian kita,” tambah Menpora.

“Misalnya untuk Piala Dunia U20 FIFA yang tadinya tidak ada acara pembukaan dan penutupan tapi sekarang FIFA sudah setuju, maka itu perlu dibicarakan dan perlu mendapatkan persetujuan dari Pak Presiden," tutur Zainudin.

Baca Juga: Dalam Waktu Dekat, Indonesia Arena Akan Ganti Nama pada Piala Dunia FIBA 2023

Selain itu, Zainudin mengatakan bahwa Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) juga akan memastikan kesiapan stadion yang akan digunakan dalam perhelatan Piala Dunia U20 2023.

"Kementerian PU sudah menjalankan apa yang menjadi tugasnya untuk merenovasi semua stadion,” kata dia.

“Tempat-tempat itu ada di GBK Jakarta, Jalak Harupat Bandung, Manahan Solo, kemudian GBT Surabaya, Jakabaring Palembang, kemudian Wayan Dipta Bali. Jadi, tidak ada masalah," ujar Amali.

Menpora juga menjelaskan bahwa kesiapan penyelanggaraan Piala Dunia FIBA pada Mei hingga Juni 2023 berjalan dengan baik, perhelatan olahraga internasional tersebut akan dilaksanakan di Indoor Multifunction Stadium, Gelora Bung Karno.


 

"Kemudian untuk FIBA juga tidak ada masalah karena kita sudah punya tempat multifungsi yang akan digunakan oleh FIBA karena kita hanya jadi tuan rumah, kita tidak lolos, tidak menjadi peserta," tuturnya.

Pada kesempatan sama, Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari menyampaikan bahwa ANOC World Beach Games akan digelar di Bali, pada tanggal 5-12 Agustus 2023 dan akan dihadiri oleh 205 negara.

"Tentunya sesuai dengan arahan Bapak Presiden sejak tahun 2019 untuk menjemput kegiatan-kegiatan internasional Indonesia, diharapkan bisa mendorong perekonomian Indonesia lebih cepat lagi," ucap Raja Sapta.

Baca Juga: Test Event Piala Dunia FIBA 2023 Digelar, Event Director & PP Perbasi Pastikan Stadion IMS Siap!



Sumber : Kompas TV, Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x