Kompas TV regional wisata

5 Hal Ini Bikin GLZoo Yogyakarta jadi Kebun Binatang Terbaik di Indonesia, Kantongi Akreditasi A

Kamis, 26 Januari 2023 | 05:21 WIB
5-hal-ini-bikin-glzoo-yogyakarta-jadi-kebun-binatang-terbaik-di-indonesia-kantongi-akreditasi-a
Seekor kera yang menjadi salah satu koleksi di kebun binatang Gembira Loka (GL) Zoo Yogyakarta, Rabu (25/1/2023). (Sumber: Kompas TV/Michael Aryawan)
Penulis : Redaksi Kompas TV

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menetapkan kebun binatang Gembira Loka (GLZoo) sebagai kebun binatang terbaik di Indonesia, dengan nilai akreditasi A. 

Proses penilaian dilakukan tim KLHK pada akhir bulan Desember 2022 lalu, dan hasilnya diumumkan pada 25 Januari 2023. Dari penilaian itu, GLZoo yang berada di Kota Yogyakarta ini mendapat angka 84,47.

Baca Juga: Kebun Binatang Gembira Loka Dibuka Kembali

Ada pun rangkaian penilaian dalam penentuan akreditasi yang membuat GLZoo Yogyakarta menjadi kebun binatang terbaik di Indonesia adalah:

- aspek fasilitas bangunan,

- aspek kepegawaian,

- aspek hukum,

- aspek pendidikan,

- hingga aspek pengelolaan dan pembiakan satwa yang terkontrol.

Direktur Utama GLZoo, KMT A Tirtodiprojo menyebut, dengan capaian angka itu, maka GLZoo menjadi satu-satunya kebun binatang dengan nilai akreditasi A di Indonesia.

"Sekarang nilai kita adalah 84,47 dan masuk kategori A. Ini merupakan kebanggaan, karena saat ini Gembira Loka menjadi satu-satunya kebun binatang yang mendapat nilai A," ujar pria yang akrab disapa Joko itu, Rabu (25/1).

Seorang pengunjung tengah berinteraksi dengan seekor burung koleksi Gembira Loka (GL) Zoo Yogyakarta didampingi petugas di kebun binantang tersebut. (Sumber: Kompas TV/Michael Aryawan)

Berdasarkan data KLHK, akreditasi A juga diberikan kepada lembaga konservasi lain, namun untuk kategori taman safari. Sementara akreditasi A untuk kategori kebun binatang hanya didapatkan oleh GLZoo Yogyakarta.

Dengan akreditasi A yang diraihnya, kini GLZoo mendapat keistimewaan dari pemerintah, berupa prioritas dalam hal penanganan konservasi satwa.

Baca Juga: Ditutup Selama Pandemi, Satwa Kebun Binatang Gembira Loka Justru Leluasa Kawin dan Berkembang Biak

Tidak hanya sebatas di dalam kompleks GLZoo semata, namun juga menjangkau penanganan konservasi satwa di habitat aslinya.

(Michael Aryawan)


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x