Kompas TV nasional hukum

Maaf, Jujur dan Adil, Jadi Kata yang Sering Disebut Richard Eliezer dalam Nota Pembelaan

Kompas.tv - 26 Januari 2023, 07:00 WIB
maaf-jujur-dan-adil-jadi-kata-yang-sering-disebut-richard-eliezer-dalam-nota-pembelaan
Terdakwa kasus pembunuhan berencana Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat, Richard Eliezer alias Bharada E, tiba untuk menjalani sidang tuntutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jakarta, Rabu (18/1/2023). (Sumber: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jujur dan Maaf adalah kata yang sering diucapkan Richard Eliezer dalam nota pembelaan atau pledoi yang dibacakan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (25/1/2023).

Kata Maaf dan Jujur disebutkan Richard atau Bharada E dalam pleidoinya sebanyak delapan kali. Kata lain yang sering diungkapkan Richard yakni Adil, Abdi dan Setia. 

Ketiga kata itu disebut lima kali dalam pleidoi Richard Eliezer, terdakwa pembunuhan berencana Brigadri J yang mendapat tuntutan 12 tahun penjara.

Kata Jujur ini menjadi bagian dari judul nota pembelaan Richard, yakni "Apakah Harga Kejujuran Harus Dibayar 12 Tahun Penjara?"

Baca Juga: Berpesan kepada 'Mama' & 'Papa', Richard Eliezer Tahan Tangisnya saat Bacakan Nota Pembelaan

Di awal nota pembelaannya Richard meminta permohonan maaf kepada keluarga almarhum Yosua dan rasa penyesalan mendalam atas peristiwa penembakan Yosua. 

Richard juga meminta permohonan maaf kedua orang tua, tunangannya dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

Ia menyadari peristiwa yang menimpanya telah membuat kedua orang tua bersedih dan lelah. Bahkan membuat sang ayah kehilangan pekerjaan. 

"Ma, maafkan kalau karena kejujuran saya ini sudah membuat Mama sedih harus melihat saya di sini. Saya tahu Mama sedih, tapi saya tahu Mama bangga saya berjuang untuk terus menjalankan perkataan Mama menjadi anak yang baik dan jujur, saya berterima kasih Mama selalu ada mendukung saya di sini," ujar Richard. 

Baca Juga: Sampaikan Pembelaan, Tim Penasihat Hukum Richard Eliezer Bahas Status 'Penguak Fakta'!

"Pa, maafkan Icad karena akibat peristiwa ini Papa harus kehilangan pekerjaan. Terima kasih untuk Mama dan Papa karena telah mengajarkan nilai-nilai kebaikan, kejujuran dan kerja keras dalam hidup saya dan kakak sejak kami kecil," sambung Richard.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x