Kompas TV nasional hukum

Soal Isu Gerakan Bawah Tanah Vonis Ferdy Sambo, Rasamala Minta Mahfud MD Sebut Nama dan Lapor

Kompas.tv - 26 Januari 2023, 05:25 WIB
soal-isu-gerakan-bawah-tanah-vonis-ferdy-sambo-rasamala-minta-mahfud-md-sebut-nama-dan-lapor
Rasamala Aritonang, anggota tim kuasa hukum Ferdy Sambo, dalam Satu Meja The Forum, Rabu (25/1/2023), meminta Mahfud MD membuka identitas pihak yang melakuan gerilya bawah tanah  untuk pengaruhi vonis Sambo. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Rasamala Aritonang, anggota tim kuasa hukum Ferdy Sambo, terdakwa kasus dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir J alias Nofriansyah Yosua Hutabarat, meminta Menteri Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD membuka identitas pihak yang melakuan gerilya bawah tanah untuk pengaruhi vonis Ferdy Sambo.

Dalam Satu Meja The Forum, Kompas TV, Rabu (25/1/2023), Rasamala mengatakan, sejak awal pihaknya berprinsip mendampingi proses hukum ini agar dilaksanakan secara akuntabel.

“Dari awal kami sampaikan bahwa prinsip kami mendampingi proses hukum ini, terutama di persidangan, berharap agar proses ini bisa dilaksanakan secara akuntabel,” tegasnya.

Akuntabilitas itu diharapkan ada di semua proses penegakan hukum kasus tersebut, mulai dari pemeriksaan sampai di persidangan.

Mengenai pernyataan Mahfud MD tentang adanya pihak-pihak yang bergerilya untuk memengaruhi putusan majelis hakim dalam menjatuhkan vonis pada Ferdy sambo, ia mengaku tidak mengetahui maksudnya.

“Saya tidak tahu apa yang dimaksud oleh Pak Mahfud ya. Tapi poin saya begini, ini kan proses kita sedang berjalan adalah proses hukum, jadi supaya kita tidak terlalu berbelit-belit, enggak kelihatan kayak dukun, gitu, berhalusinasi.”

Baca Juga: Lagi Soal Gerakan Bawah Tanah, Kuasa Hukum Ferdy Sambo: Tanya Mahfud Md, Beliau Kan Serba Tahu

“Jadi, sebut saja siapa orangnya, buka, dilaporkan, diproses,” harapnya.

Sebab, lanjut Rasamala, jika tujuan gerakan bawah tanah tersebut untuk memengaruhi dan menghambat pemeriksaan, itu justru membahayakan proses yang sedang berjalan.

“Kita ini bekerja dari pagi, sampai sore, sampai malam, bawa bukti, kita berdebat di pengadilan. Saya yakin, jaksa penuntut umum juga begitu, sudah berupaya keras, begitu juga hakim.”

Ia menegaskan, tidak mengetahui apa yang dimaksud oleh Mahfud MD terkait gerakan bawah tanah tersebut.

“Saya tidak tahu apa yang dimaksud dengan Pak Mahfud, makanya saya sampaikan, kalau memang ada, dibuka saja, disebut namanya, enggak perlu pakai simbol-simbol, pakai kode,” ulangnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.