Kompas TV nasional sosok

Rekam Jejak Lieus Sungkharisma, Aktivis yang Tutup Usia pada 24 Januari 2023

Kompas.tv - 26 Januari 2023, 03:05 WIB
rekam-jejak-lieus-sungkharisma-aktivis-yang-tutup-usia-pada-24-januari-2023
Lieus Sungkharisma sesuai menjenguk Eggi Sudjana di Polda Metro Jaya, Senin (10/6/2019). (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV – Aktivis Lieus Sungkharisma, meninggal dunia pada Selasa, 24 Januari 2023. Sosoknya sempat menghiasi kancah politik di Indonesia sebelum akhirnya tutup usia di umur 64 tahun.

Lieus Sungkharisma ini memiliki nama lain Li Xue Xiung. Mengutip dari buku Tokoh-tokoh etnis Tionghoa di Indonesia oleh Sam Setyautama, Lieus Sungkharisma lahir di Cianjur pada 11 Oktober 1959.

Sederet organisasi yang diikuti Lieus Sungkharisma mulai dari menjabat sebagai Ketua Umum Generasi Muda Buddhis Indonesia (Gemabuddhi) tahun 1985.

Kemudian menjadi Wakil Bendahara Dewan Pimpinan Nasional Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (Depinas SOKSI) 1986 - 1991, Ketua di DPP Angkatan Muda Pembaruan Indonesia (AMPI) dan DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI).

Baca Juga: Dapat Penangguhan Penahanan, Lieus Sungkharisma: Terima Kasih Kapolri!

Ia juga tercatat sebagai Ketua Perhimpunan Pengusaha Tionghoa DKI Jakarta dan Ketua Umum Multi Culture Society sekaligus Vice President The World Peace Committee.

Serta, pernah menjadi Ketua Umum Partai Reformasi Tionghoa Indonesia (PARTI). Ia mendirikan partai tersebut dengan tujuan agar masyarakat Tionghoa bisa sederajat dengan warga lainnya.

Lieus Sungkharisma memiliki pemikiran bahwa persoalan warga etnis Tionghoa ini tidak selesai tanpa kehendak politik. Tekadnya ini membuatnya beralih dari dunia bisnis ke dunia politik

Bahkan di tahun 2014, Lieus Sungkharisma juga pernah menjadi pendukung Jokowi saat maju sebagai calon presiden (capres). Namun kemudian berbalik menjadi pendukung Prabowo pada Pilpres 2019.

Melihat rekam jejaknya, nama Lieus Sungkharisma kerap muncul saat aksi demontrasi bersama ormas Islam seperti FPI dan PA 212. Ia juga kerap melontarkan kritik terhadap Jokowi dan Ahok.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.