Kompas TV regional berita daerah

Nasi Megono Diburu Pemudik Saat Imlek

Kompas.tv - 25 Januari 2023, 20:30 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Selain batik jika anda melintas di Pekalongan pasti menemukan banyak berjajar penjual nasi megono. Salah satunya nasi megono opor bebek yang berada di komplek Alun-Alun Kabupaten Pekalongan.

 

Nasi megono merupakan olahan lauk yang terbuat dari cincangan buah nangka muda, kemudian dipadu dengan parutan kelapa serta ditambah kunir dan terasi. Baunya yang menggoda, membuat para penikmatnya ketagihan menyantap makanan yang satu ini.

 

Biasanya nasi megono dipadukan dengan berbagai macam lauk pauk. Seperti opor bebek, pepesan ikan, ayam, bebek goreng hingga mendoan tempe hangat yang digoreng dadakan. Salah seorang pembeli mengaku makan nasi megono sarapan dan malam hari karena sudah lama melancong keluar kota sehingga ketika pulang sehari-hari menu inilah yang dimakan.

 

Mahmudi penjual nasi megono menyebut liburan Imlek selama tiga hari membuat warungnya selalu ramai. Pemudik dari luar kota yang kangen akan makanan khas membuat omset penjualannya naik drastis. 

 

Kini anda sudah tahu kan, selain dikenal sebagai penghasil batik, Pekalongan juga mempunyai makanan khas berupa nasi megono. Anda berniat mencobanya jika melintas di Pekalongan?



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x