Kompas TV internasional kompas dunia

Pesawat Latih Militer Filipina Jatuh Tewaskan Dua Orang, Pesawat Pribadi Berpenumpang 6 Orang Hilang

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:20 WIB
pesawat-latih-militer-filipina-jatuh-tewaskan-dua-orang-pesawat-pribadi-berpenumpang-6-orang-hilang
Sebuah pesawat angkatan udara Filipina jatuh hari Rabu, (25/1/2023) di sebuah pertanian barat laut Manila, menewaskan dua orang di dalamnya (Sumber: The Filipino Times)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Purwanto

MANILA, KOMPAS.TV - Sebuah pesawat angkatan udara Filipina jatuh hari Rabu (25/1/2023) di sebuah pertanian barat laut Manila, menewaskan dua orang di dalamnya, sementara pencarian terus dilakukan untuk sebuah pesawat pribadi berpenumpang enam orang yang hilang hari sebelumnya di pegunungan utara.

Seperti laporan Associated Press, Rabu (25/1/2023), Pesawat latih SIAI-Marchetti SF260 TP sedang dalam penerbangan pelatihan dari bandara Sangley di provinsi Cavite selatan Manila ketika jatuh ke sawah di provinsi Bataan, kata juru bicara angkatan udara Kolonel Maria Consuelo Castillo.

Penyidik polisi Edgardo Delos Santos mengatakan kepada The Associated Press melalui telepon dari lokasi kecelakaan bahwa mayat kedua pria itu ditarik dari reruntuhan dan para saksi melihat pesawat turun dengan cepat tampaknya di luar kendali sebelum jatuh di sawah.

Angkatan udara langsung mengandangkan SF-260 lainnya yang digunakan untuk pelatihan dan operasi kontra-pemberontakan, kata Castillo. Investigasi akan dilakukan untuk menentukan penyebab kecelakaan itu, kata angkatan udara.

Militer Filipina, salah satu yang paling kekurangan dana di Asia, berjuang selama bertahun-tahun untuk memodernisasi angkatan udara dan angkatan lautnya.

Masalah pendanaan menjadi musabab yang utama dalam modernisasi, terlebih saat memerangi pemberontakan Muslim dan komunis yang berlangsung puluhan tahun dan untuk mempertahankan perairan teritorial Filipina serta klaim di Laut Cina Selatan yang disengketakan.

Baca Juga: Detik-Detik Pesawat Jatuh di Nepal, 68 Orang Tewas!

Sebuah pesawat angkatan udara Filipina jatuh hari Rabu, (25/1/2023) di sebuah pertanian barat laut Manila, menewaskan dua orang di dalamnya (Sumber: Malaysia Now)

Secara terpisah, sebuah pesawat Cessna bermesin tunggal yang membawa enam orang kehilangan kontak dengan personel menara bandara sekitar empat menit setelah lepas landas dalam penerbangan 30 menit pada Selasa di provinsi Isabela utara, kata Otoritas Penerbangan Sipil Filipina.

Pencarian dan penyelamatan skala penuh berlanjut Rabu, kata badan penerbangan sipil. Itu tidak mengidentifikasi mereka yang berada di pesawat.

Angkatan udara Filipina mengatakan helikopternya tidak dapat lepas landas untuk bergabung dalam pencarian di Isabela karena cuaca buruk.

SIAI - Marchetti SF.260 (sekarang Leonardo SF-260 ) adalah pesawat ringan Italia yang umum dipasarkan sebagai pesawat latih militer dan pesawat aerobatik .

Versi militer bersenjata, pesawat ini dijual sebagai SF.260W Warrior yang populer dengan angkatan udara kecil dipersenjatai untuk digunakan dalam peran dukungan udara jarak dekat.


Sumber : Kompas TV/Associated Press

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Harga Beras di Aceh Besar Terus Naik

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:19 WIB
Politik

PPP Ajak Gerindra dan PKB Gabung ke KIB

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:13 WIB
Close Ads x