Kompas TV nasional kesehatan

Jokowi Singgung Video Viral Ibu Beri Kopi Saset ke Bayi 7 Bulan: Hati-hati, Penyuluhan Penting!

Kompas.tv - 25 Januari 2023, 12:15 WIB
jokowi-singgung-video-viral-ibu-beri-kopi-saset-ke-bayi-7-bulan-hati-hati-penyuluhan-penting
Presiden Joko Widodo (Jokowi) tekankan pentingnya penyuluhan gizi dan kesehatan dari BKKBN kepada para orang tua usai viral video bayi diberi kopi susu saset, Rabu (25/1/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV/Nadia)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan pentingnya penyuluhan gizi dan kesehatan kepada para orang tua dengan menyinggung video viral seorang ibu memberikan kopi susu kepada bayinya yang berusia tujuh bulan. 

"Saya lihat kemarin yang rame, bayi baru tujuh bulan diberi kopi susu saset oleh ibunya, karena yang ada di bayangan, anaknya mau diberi susu," kata Presiden Jokowi di Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Rabu (25/1/2023) dipantau dari Breaking News, Kompas TV.

Ia pun menekankan pentingnya penyuluhan dari kader posyandu maupun kader BKKBN terkait kesehatan dan pencegahan stunting anak kepada para orang tua.

"Hati-hati mengenai ini, oleh sebab itu sekali lagi, yang namanya penyuluhan, penyuluhan,  penyuluhan itu penting," kata Jokowi.

"Karena memang kata ibunya, 'Oh ini bermanfaat, kopi susu saset ini, karena ada susunya'," ucapnya menirukan keterangan di dalam video viral ibu beri kopi saset ke bayi.

Baca Juga: Jokowi Sebut Tak Ada Resesi Seks di Indonesia: Masih Tumbuh 2,1 Persen dan Ini Bagus

Ia pun mengingatkan bahaya yang mengintai sang anak, karena organ dalam bayi, di antaranya ginjal, jantung, dan lambung masih lemah.

Presiden Jokowi juga menyentil kader posyandu dan kader BKKBN yang kurang tanggap terkait peristiwa tersebut, karena justru polisi yang menemui orang tua bayi.

"Sehingga yang saya baca polisi menemui orang tua bayi, tapi mestinya yang benar kader posyandu, kader BKKBN yang datang ke sana," tuturnya.

"Karena kecepatan Kapolri mungkin, karena reaksi dari Kapolri cepet, (sehingga) datang terlebih dahulu daripada kader," ucapnya.

Baca Juga: Cegah Stunting, Jokowi Sentil Kemenkes Beri Biskuit untuk Anak: Jangan Dilakukan Lagi

Sebelumnya, beredar video seorang bayi diberi kopi susu saset oleh ibunya di media sosial Tiktok. Video itu langsung viral karena menjadi perbincangan warganet.

Tak hanya di Tiktok, video tersebut juga ramai di Twitter dan menuai kritik warganet pada Minggu (22/1/2023).

Di dalam video itu, sang ibu menulis bahwa bayinya diberi kopi instan kemasan saset karena mengandung susu. Menurut dia, kopi instan yang mengandung susu lebih baik daripada kental manis yang ternyata tak memiliki kandungan susu.

"Kemarin-kemarin bayi BAB (buang air besar -red) 10 kali sehari, alhamdulillah sejak minum susu, kopi sekarang dia BAB 9 kali sehari," tulisnya.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x