Kompas TV nasional rumah pemilu

Nasdem Kesal, PKS dan Demokrat Belum Deklarasi Anies Capres, Malah Sodorkan Cawapres

Kompas.tv - 25 Januari 2023, 12:44 WIB
nasdem-kesal-pks-dan-demokrat-belum-deklarasi-anies-capres-malah-sodorkan-cawapres
Anies Baswedan saat ditetapkan menjadi bakal calon presiden (capres) dari Partai Nasdem pada Senin (3/10/2022). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Wakil Ketua Umum Partai Nasdem Ahmad Ali mengatakan, pihaknya enggan bicara calon wakil presiden (cawapres) Anies Baswedan lantaran calon partai koalisi mereka hingga kini belum deklarasi.

Padahal deklarasi ini penting, sebab terkait Anies Baswedan sebagai satu-satunya capres mereka di Pilpres 2024.

Menurut Ali, calon rekan koalisinya yakni Partai Demokrat dan PKS harus bersikap tegas untuk terlebih dahulu deklarasi Anies Baswedan maju berkontestasi sebagai calon presiden (capres) 2024.


 

"Sebelum kita masuk kriteria, ada deklarasi dulu, ada koalisi dulu kan begitu kan," kata Ali kepada wartawan, Rabu (25/1/2023).

"Ada koalisi dulu terbentuk,  katakan Nasdem, Demokrat, PKS sama-sama sudah menandatangani kesepakatan mengusung Anies calon presiden, itu namanya koalisi," tambahnya dengan nada agak kesal. 

Baca Juga: Nasdem Siapkan Alternatif Usung Anies bila Koalisi dengan PKS dan Demokrat Tidak Terwujud

Sebagai informasi, sejauh ini hanya Nasdem yang resmi deklarasi mengusung Anies Baswedan sebagai capres 2024 beberapa waktu lalu. 

Ali lantas menyatakan, pihaknya hingga kini masih belum punya koalisi yang pasti. 

Ia bahkan menyebut, PKS dan Demokrat sebatas penjajakan koalisi lantaran belum diresmikan. 

"Kalau kita bicara koalisi,  saya sekali lagi menegaskan bahwa Nasdem itu belum memiliki koalisi, jadi baru penjajakan koalisi," ucap Ali dilansir Tribunnnews. 

Maka dari itu, kata dia, terkait Cawapres yang disodorkan partai-partai teman mereka itu, Nasdem menyebut tidak memaksa, hanya ingin yang mengisi kekurangan Anies Baswedan. 

"Kita mencari calon wakil presiden itu berdasarkan data-data yang dimiliki," jelasnya. 

"Jadi kriteria-kriteria itu adalah upaya untuk menutupi kelemahan, yang kurang dari Anies kan. Jadi kita cari figur," tambah Ali. 

Baca Juga: Ternyata, Nama AHY Tidak Dominan Dibicarakan Jadi Cawapres oleh Relawan Anies Baswedan

Saat ini, PKS disebut-sebut masih menimbang Cawapres Anies Baswedan untuk Pilpres 2024. Nama Aher atau Ahmad Heryawan disodorkan sebagai salah satu alternatif. 

Sedangkan Partai Demokrat, sampai kini juga disebut masih coba menawarkan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai salah satu pendamping Anies Basweda di Pilpres 2024. Namun, semuanya belum ada yang memberi kepastian. 

Bahkan, bila koalisi dengan PKS dan Demokrat tidak terjadi, Nasdem sudah menyusun alternatif untuk tetap mengusung Anies Baswedan.  



Sumber : Kompas TV/Tribunnews

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.