Kompas TV regional gaya hidup

Azka Alfi: Ilustrator Sepak Bola dengan Latar Belakang Teknik

Kompas.tv - 25 Januari 2023, 15:00 WIB
azka-alfi-ilustrator-sepak-bola-dengan-latar-belakang-teknik
Azka Alfi adalah sosok ilustrator yang menginspirasi. (Sumber: Azka Alfi/Medio by KG Media)
Penulis : Ristiana D Putri | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Saat dihadapkan dengan keputusan karier, terkadang kita tak relevan dengan jurusan kuliah. Mungkin saja, ada minat yang sebelumnya telah terkubur lama dan baru kembali lagi saat sedang mencari pekerjaan.

Bahkan, fenomena ini juga disampaikan oleh Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan. Nadiem mengungkapkan ada 80 persen lulusan yang bekerja tak sesuai jurusan kuliahnya. Meski begitu, hal ini bukanlah sesuatu yang buruk.

Hal ini juga terjadi oleh Azka Alfi, Ilustrator Klub Sepak Bola. Ia menceritakan pengalaman hidup dan lika-likunya dalam siniar Beginu episode “Azka Alfi, Ilustrasi Penakluk Sepak Bola Eropa” yang dapat diakses melalui tautan dik.si/BeginuAzkaP1.

Anak Teknik yang Suka Menggambar

Menurut Azka, gambar memiliki ruang tersendiri di dalam hatinya. Dari kecil hingga SMP, ia berkeinginan untuk masuk ke sekolah seni. Keinginannya ini semakin membara ketika ada gurunya yang membawa mangaka (pembuat komik) dari Jepang.

Baca Juga: Jangan Takut! Yuk, Berani Maksimalkan Kapasitas Diri

Sayangnya, memasuki SMA, ia tak dibolehkan masuk ke sekolah seni. Saat mendaftar kuliah dan meminta saran kepada sang ibu, ia pun mendaftar Teknik Elektro dan Sipil agar sama seperti sang kakak.

Setelah masuk kuliah, di awal-awal Azka mengaku minder karena banyak teman-teman yang lebih cakap darinya. Bahkan, Azka merasa salah jurusan. Namun, Azka berhasil menyelesaikan kuliah untuk menggapai mimpinya.

Mencari kerja ternyata tak semudah yang dibayangkan. Ada banyak tantangan dan batasan dari orangtuanya. Hal ini membuatnya pun terjebak dalam krisis seperempat abad. Dalam prosesnya itu, ia mulai kembali menggambar dan rajin mengunggahnya di Instagram.

Titik Balik Kehidupan dari Kecintaannya Terhadap Bola

Azka pun mencoba berbagai macam kegiatan. Ia bahkan sempat masuk komunitas gambar hingga belajar sablon. Kemudian, karena teman di sablon itu mengetahui bakatnya, ia pun merekomendasikan Azka untuk belajar desain digital.

Selain hobi menggambar, Azka juga senang terhadap sepak bola. Ia pun tergabung dalam komunitas jersey. Tanpa disadari, inilah titik balik dari kehidupannya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.