Kompas TV nasional kesehatan

Hari Gizi Nasional 2023, Ini Cara Cegah Stunting pada Anak, Orangtua Harus Tahu

Kompas.tv - 25 Januari 2023, 11:58 WIB
hari-gizi-nasional-2023-ini-cara-cegah-stunting-pada-anak-orangtua-harus-tahu
Ilustrasi stunting anak. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hari Gizi Nasional (HGN) 2023 diperingati hari ini, Rabu (25/1/2023). Tema HGN kali ini adalah Protein Hewani Cegah Stunting. 

Dengan tema Hari Gizi Nasional 2023 diharapkan dapat menjadi ajakan kepada masyarakat untuk mencegah stunting pada pertumbuhan anak-anak.

Melansir laman Kementerian Kesehatan dalam artikel yang terbit Oktober 2022, angka stunting di Indonesia masih 24 persen.

Apa Itu Stunting?

Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada balita karena kurangnya asupan gizi atau asupan gizi yang tidak kuat. Penyebab lainya juga karena ada infeksi berulang atau karena kurangnya stimulasi asupan gizi.

Efek jangka panjang dari stunting adalah anak tumbuh dengan tingkat kecerdasan yang rendah, prestasi belajar yang tidak baik, tumbuh kembang tidak maksimal atau bahkan sakit-sakitan.

Baca Juga: Cegah Stunting, Jokowi Sentil Kemenkes Beri Biskuit untuk Anak: Jangan Dilakukan Lagi

Perbedaan antara balita normal dan stunting terlihat dari sisi tinggi badan. Balita stunting terlihat lebih pendek dari balita seusianya. 

Namun, perbedaan yang tidak terlihat antara keduanya adalah otak anak stunting tidak terbentuk dengan baik dan dapat berdampak panjang.

Cara Mencegah Stunting pada Anak

Stunting bisa dicegah dengan memberikan gizi yang cukup saat masa ibu hamil hingga masa menyusui.

Terkini, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengimbau masyarakat untuk mencegah stunting pada anak dengan mengonsumsi protein hewani pada ibu hamil dan menyusui.

"Selaras dengan tema HGN ke-63 tahun 2023, yakni protein hewani cegah stunting," kata Khofifah di Surabaya, Rabu, dikutip dari Antara.

Beberapa protein hewani yakni daging, ikan, telur dan susu atau produk turunannya sangat baik dalam upaya penurunan stunting.

Hal ini karena, protein hewani mengandung zat gizi lengkap, mulai asam amino, vitamin dan mineral yang sangat penting dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak. 



Sumber : Kompas TV, Kemkes.go.id, Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x