Kompas TV nasional politik

Skenario Kaesang Masuk Politik, Disebut Bakal Maju Wali Kota Solo Gantikan Gibran

Rabu, 25 Januari 2023 | 11:32 WIB
skenario-kaesang-masuk-politik-disebut-bakal-maju-wali-kota-solo-gantikan-gibran
Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Jokowi, tertarik terjun ke politik (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV – Ketertarikan Kesang Pangarep, anak bungsu dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk masuk ke politik disebut bakal terealisasi. Skenarionya, ia bakal maju sebagai Wali Kota Solo gantikan kakaknya Gibran Rakabuming Raka.

Skenario itu diungkap pengamat psikologi politik Universitas Negeri Surakarta (UNS) Abdul Hakim yang menyebut, paling tidak ada dua skenario kemungkinan Kaesang masuk politik.

Yakni, pertama skenario masuk ke level eksekutif. Skenario kedua, Kaesang bisa masuk jadi calon di legislatif. 

Untuk skenario pertama, kata Hakim, Kaesang bakal maju sebagai salah seorang calon wali kota Solo.

Tiket wali kota Solo disebut bakal diamankan Kaesang jika kakaknya, Gibran, dapat mandat dari Megawati Soekarnoputri dan PDIP maju dalam kontestasi Pilgub 2024. 

"Ini adalah pilihan paling aman karena Kaesang sudah punya modal politik bagus sebagai putra Pak Jokowi dan pemilik Persis Solo yang punya basis massa kuat," kata Hakim, Rabu (25/1/2023) dilansir dari Tribun Solo.

Baca Juga: Kaesang Tertarik Politik, Bakal Gabung Gerindra? Ini Respons Prabowo

Lantas, ia menyebut, jika skenario pertama gagal, maka dilanjutkan dengan legislatif.

"Skenario lainnya adalah maju sebagai calon legislatif (DPRD/ DPR). Tapi saya kira opsi pertama lebih strategis," ujarnya. 

Bila salah satu skenario tersebut terjadi, kata Hakim, ada baiknya Kaesang memerhatikan dua hal, yakni di ranah politik praktis dan etis.


"Dari sudut pandang politik praktis, Kaesang memiliki peluang besar untuk terjun ke dunia politik," kata hakim. 

Hal itu, katanya, tidak lepas dari sentimen positif soal tingkat kepuasan terhadap kinerja Presiden Jokowi.

"Sentimen positif ini tentu akan berimbas positif kepada partai dan orang-orang dekat pak Jokowi, termasuk keluarganya," ucap Hakim.

Baca Juga: Tak Hanya Gibran, Ternyata Ada Sosok dari Keraton Solo Dianggap Prabowo Pemimpin Masa Depan RI

Jokowi Kaget Kaesang Tertarik Politik

Sebelumnya seperti diberitakan, Wali Kota Surakarta sekaligus putra pertama Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka, mengungkapkan keinginan sang adik, Kaesang Pangarep, untuk terjun ke dunia politik, Selasa (24/1/2023).

Gibran mengatakan bahwa keinginan Kaesang masuk politik bikin kaget keluarga. 

"Yang kami bicarakan di meja makan itu Kaesang. Saya juga kaget, dia secara terbuka menyampaikan ke kami ada ketertarikan di politik," kata Gibran, Selasa (24/1) dilansir dari Antara.

Baca Juga: Gibran Rakabuming Ungkap Keinginan Kaesang Pangarep Terjun ke Politik: Bapak juga Kaget

Meski sudah mengetahui keinginan sang adik, Gibran mengaku belum dapat memastikan apakah Kaesang akan mulai terjun di dunia politik pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 2024.

"Nggak tahu, saya baru dengar kemarin. Bapak juga kaget. Biasanya nggak pernah membicarakan itu, ini penjajakan dulu," ujarnya.

Gibran menerangkan, ketertarikan Kaesang tersebut muncul karena ingin berkontribusi pada daerah.

Apalagi, sejak beberapa tahun terakhir, putra bungsu Jokowi itu sudah terjun langsung mengurusi Klub Sepak Bola Persis Surakarta.


Sumber : Kompas TV/tribun solo

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x