Kompas TV regional berita daerah

Anak Krakatau Erupsi 3 kali Selasa kemarin

Rabu, 25 Januari 2023 | 11:08 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Gunung anak krakatau terus mengeluarkan material vulkanik dari dalam kawah. Erupsi ini terjadi sebanyak 3 kali sejak petang hingga Selasa (24/1/2023) malam kemarin.

Letusan ini juga disertai semburan lava pijar yang membumbung setinggi 350 meter dengan kolom abu berwarna kelabu berintensitas tebal mengarah ke timur.

Baca Juga: Warga Berburu Benda Berharga di Situs Keratuan Balau

Terlihat dari seismograf, garis acak yang menunjukan kegempaan dengan amplitudo maksimum 60 milimeter berdurasi 1-12 detik.

Sementara itu, warga Kecamatan Kalianda dan Rajabasa yang merupakan kawasan penduduk dekat dengan lokasi anak gunung krakatau mengaku tidak khawatir dengan kondisi ini.

Masyarakat beranggapan jika erupsi terjadi, energi gunung anak krakatau dikeluarkan secara bertahap.

"Kami tidak khawatir karena sudah terbiasa dengan erupsi itu. Dengan adanya erupsi, kami malah tenang karena energi yang dikeluarkan hanya sedikit demi sedikit," ujar Rudi sebagai warga.

Hingga kini, gunung anak krakatau masih berstatus siaga atau level tiga. Masyarakat dilarang mendekat dengan radius 5 kilometer.

#anakkrakatau #erupsi #levelsiaga


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x