Kompas TV regional berita daerah

Anak Krakatau Erupsi 3 kali Selasa kemarin

Kompas.tv - 25 Januari 2023, 11:08 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Gunung anak krakatau terus mengeluarkan material vulkanik dari dalam kawah. Erupsi ini terjadi sebanyak 3 kali sejak petang hingga Selasa (24/1/2023) malam kemarin.

Letusan ini juga disertai semburan lava pijar yang membumbung setinggi 350 meter dengan kolom abu berwarna kelabu berintensitas tebal mengarah ke timur.

Baca Juga: Warga Berburu Benda Berharga di Situs Keratuan Balau

Terlihat dari seismograf, garis acak yang menunjukan kegempaan dengan amplitudo maksimum 60 milimeter berdurasi 1-12 detik.

Sementara itu, warga Kecamatan Kalianda dan Rajabasa yang merupakan kawasan penduduk dekat dengan lokasi anak gunung krakatau mengaku tidak khawatir dengan kondisi ini.

Masyarakat beranggapan jika erupsi terjadi, energi gunung anak krakatau dikeluarkan secara bertahap.

"Kami tidak khawatir karena sudah terbiasa dengan erupsi itu. Dengan adanya erupsi, kami malah tenang karena energi yang dikeluarkan hanya sedikit demi sedikit," ujar Rudi sebagai warga.

Hingga kini, gunung anak krakatau masih berstatus siaga atau level tiga. Masyarakat dilarang mendekat dengan radius 5 kilometer.

#anakkrakatau #erupsi #levelsiaga



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.