Kompas TV TALKSHOW b-talk

[FULL] Sudah Impor, Harga Beras Masih Bikin Gempor | BTALK

Kompas.tv - 25 Januari 2023, 10:55 WIB
Penulis : Ade Indra Kusuma

KOMPASTV - Indonesia telah melakukan impor beras sejak pertengahan Desember 2022, namun harga beras hingga awal 2023 masih di atas Harga Eceran Tertinggi (HET) yang dipatok pemerintah.

Baca Juga: Curhat Pembeli Meikarta, Beli Lunas Lahan Kosong karena Terlalu Percaya Pengembang - BTALK

Artinya secara tidak langsung, masyarakat membeli beras dengan harga lebih tinggi dibanding tahun lalu. Jika tahun lalu harga beras Rp. 9.787 per kilogram, kini masyarakat membeli beras dengan harga Rp. 11. 293 per kilogram.

Konsumsi beras di Indonesia sendiri mencapai 30,2 juta ton. Namun hal ini tetap membuat Indonesia butuh impor beras dari negara lain  karena pasokan besa yang lebih minim dari kebutuhan yang diperlukan. Saat ini menurut perkiraan pengelola pasar besar induk cipinang, stok beras yang dikuasai pedagang hanya cukup untuk 10 hari ke depan.

Baca Juga: Harga Beras Lokal di Kalimantan Capai Rp 22 Ribu per Liter, Pengusaha Warung Makan Pusing!

Lantas, cukupkah stok beras untuk konsumsi hingga panen raya tiba? Bagaimana pula langkah yang dilakukan pemerintah untuk menekan HET beras agar tidak naik?

Saksikan program talkshow B-Talk bersama Jurnalis KompasTV Mysister Tarigan dalam episode “Sudah Impor, Harga Beras Bikin Gempor”, di Youtube Channel KompasTV.

#menteriperdagangan #imporberas #beras



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.