Kompas TV TALKSHOW b-talk

[FULL] Sudah Impor, Harga Beras Masih Bikin Gempor | BTALK

Rabu, 25 Januari 2023 | 10:54 WIB
Penulis : Ade Indra Kusuma

KOMPASTV - Indonesia telah melakukan impor beras sejak pertengahan Desember 2022, namun harga beras hingga awal 2023 masih di atas Harga Eceran Tertinggi (HET) yang dipatok pemerintah.

Baca Juga: Curhat Pembeli Meikarta, Beli Lunas Lahan Kosong karena Terlalu Percaya Pengembang - BTALK

Artinya secara tidak langsung, masyarakat membeli beras dengan harga lebih tinggi dibanding tahun lalu. Jika tahun lalu harga beras Rp. 9.787 per kilogram, kini masyarakat membeli beras dengan harga Rp. 11. 293 per kilogram.

Konsumsi beras di Indonesia sendiri mencapai 30,2 juta ton. Namun hal ini tetap membuat Indonesia butuh impor beras dari negara lain  karena pasokan besa yang lebih minim dari kebutuhan yang diperlukan. Saat ini menurut perkiraan pengelola pasar besar induk cipinang, stok beras yang dikuasai pedagang hanya cukup untuk 10 hari ke depan.

Baca Juga: Harga Beras Lokal di Kalimantan Capai Rp 22 Ribu per Liter, Pengusaha Warung Makan Pusing!

Lantas, cukupkah stok beras untuk konsumsi hingga panen raya tiba? Bagaimana pula langkah yang dilakukan pemerintah untuk menekan HET beras agar tidak naik?

Saksikan program talkshow B-Talk bersama Jurnalis KompasTV Mysister Tarigan dalam episode “Sudah Impor, Harga Beras Bikin Gempor”, di Youtube Channel KompasTV.


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x