Kompas TV nasional politik

Tak Hanya Gibran, Ternyata Ada Sosok dari Keraton Solo Dianggap Prabowo Pemimpin Masa Depan RI

Kompas.tv - 25 Januari 2023, 10:44 WIB
tak-hanya-gibran-ternyata-ada-sosok-dari-keraton-solo-dianggap-prabowo-pemimpin-masa-depan-ri
Gibran saat bersama Prabowo di Keraton Solo, Selasa (24/1/2023) (Sumber: kompas.id)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

SOLO, KOMPAS.TV – Tak hanya Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka yang disebut Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto, sebagai calon pemimpin Indonesia di masa depan.

Ternyata, ada sosok lain yang sama-sama dari Solo, tapi ia berasal dari Keraton Surakarta atau Keraton Solo yang dianggap Prabowo bakal jadi memimpin negeri ini kelak.

Sosok itu adalah Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X yang disebutnya sebagai sosok pemimpin masa depan.

Menurut Prabowo, sama seperti Gibran, Mangkunegara X sudah menjadi pemimpin di usia yang cukup muda dan hal tersebut modal besar. 

Mangkunegara X sendiri kini memimpin Pura Mangkunegaran Keraton Solo, sedangkan Gibran jadi pemimpin kota Solo.

Pujian itu dilontarkan Prabowo di sela-sela kunjungan kerjanya ke Pura Mangkunegaran, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Selasa (24/1/2023).

”Beliau (Mangkunegara X) saya kira seorang pemimpin yang muda, seperti Mas Wali (Gibran), inilah nanti masa depan Indonesia, berada di tangan mereka,” tutur Prabowo, Selasa (24/1/2023) dilansir dari Kompas.id

Baca Juga: Prabowo Sebut Orang yang Tugas di Solo akan Capai Pangkat Tertinggi, Sinyal Dukungan untuk Gibran?

Bagi Prabowo, tugas bagi dirinya sebagai yang lebih senior untuk mendorong anak muda seperti Mangkunegara X dan Gibran bagi masa depan Indonesia. 

“Tugas kita adalah mendorong dan memberi masukan,” ucapnya.


Dalam kunjungan itu, Ketum Partai Gerindra itu juga menceritakan, kunjungannya juga sekaligus menjadi caranya ”napak tilas” leluhur.

Pada 1930-an, kakeknya, Margono Djojohadikusumo, sempat bekerja di Pura Mangkunegaran. Adapun pekerjaan yang digeluti berada pada bidang ekonomi.

Baca Juga: Kaesang Tertarik Politik, Bakal Gabung Gerindra? Ini Respons Prabowo

Respons Mangkunegara X

Disebut Prabowo bakal jadi pemimpin masa depan, Mangkunegara X enggan berkomentar.

Ia juga mengaku, sampai kini belum memikirkan langkah untuk terjun berpolitik. Kini, ia ingin lebih getol lagi mengembangkan kegiatan-kegiatan budaya pada kedaton yang dipimpinnya.

Ia cuma menyampaikan, kunjungan Prabowo ke Kavallerie Artillerie berkenaan dengan ketertarikan sosok tersebut pada sejarah militer.

Kunjungan itu dilakukan karena latar belakang militer yang dimiliki sosok tersebut. Keduanya tak bisa dilepaskan.

Di samping itu, kata dia, sikap Ketua Umum Partai Gerindra itu juga menunjukkan perhatiannya pada bidang kebudayaan.

”Kebudayaan sebagai identitas bangsa menjadi sesuatu yang penting untuk selalu dijaga, dilestarikan, dan diperkenalkan. Kavallerie juga merupakan bangunan yang ikonik untuk sejarah keprajuritan di Mangkunegaran. Tentu beliau sangat tertarik buat melihat,” kata Mangkunegara X.



Sumber : Kompas TV/kompas.id

BERITA LAINNYA



Close Ads x