Kompas TV nasional politik

Kembali Hangat tapi Masih Misteri, PPP-PAN Sebut Jokowi Bakal Lakukan Reshuffle dalam Waktu Dekat

Rabu, 25 Januari 2023 | 08:16 WIB
kembali-hangat-tapi-masih-misteri-ppp-pan-sebut-jokowi-bakal-lakukan-reshuffle-dalam-waktu-dekat
Presiden Jokowi meninjau ajang Energen Champion Student Athletics Championship Indonesia, di Stadion Madya GBK, Jakarta, Jumat, (13/01/2023) sore. Presiden juga menyaksikan pertandingan final atletik lari estafet 4×100 meter putri & putra. (Sumber: Humas Setkab/Agung)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua DPP PPP Achmad Baidowi menyebut, Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan melakukan reshuffle atau kocok ulang Kabinet Indonesia Maju dalam waktu dekat. 

Namun, pria yang karib disapa Awiek itu mengaku tak mengetahui ihwal kapan waktu pasti dari reshuffle tersebut.

Baca Juga: Tanggapan Mentan soal Isu Reshuffle: Enggak Ada, Presiden Suruh Kita Kerja Habis-habisan

"Iya, bakal ada reshuffle lagi. Itu informasinya memang indikasinya cukup kuat, dan siapa aja itu kami enggak tahu," kata Awiek seperti dikutip dari Kompas.com, Rabu (24/1/2023).

Ia menjelaskan, indikasi ini terlihat setelah beberapa ketua umum diundang oleh Kepala Negara ke Istana Merdeka untuk diajak berdiskusi.

"Beberapa kali, dalam beberapa hari, ketum-ketum partai bertemu presiden. Ya bisa jadi dibahas juga di situ. Kami dengar informasi ya ada informasinya bahwa akan ada reshuffle," ungkap Awiek. 

Sementara itu, Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto mengatakan, isu reshuffle yang terus berembus ini menjadi sebuah pertanda kalau Presiden Jokowi akan melakukan kocok ulang jajaran pembantunya tersebut. 

"Belum ada (komunikasi), tapi biasanya kalau ada hingar bingar gini, ada (reshuffle)," kata Yandri seperti dikutip dari Tribunnews.com.

Wakil Ketua MPR itu mencotohkan ketika Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan atau Zulhas ditarik ke kabinet Jokowi.

"Dulu kalau PAN malah 2 hari sebelum reshuffle Bang Zul (Zulhas) dipanggil. Hari senin Bang Zul masih manggil saya dulu 'Yan ini saya baru pulang dari Semarang orang ngomong reshuffle', waktu itu PAN jadi topiknya kan," ujarnya.

Kala itu, kata dia, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menelepon Zulhas pada hari Senin malam, lalu Selasa dipanggil ke Istana Negara, dan Rabu pun dilantik Jokowi.

"Kira-kira gitu misteri reshuffle ini yang tau hanya Allah dan Pak Jokowi," ujarnya.


 

Sebelumnya seperti diberitakan KOMPAS.TV, Presiden Jokowi kembali ditanya soal isu perombakan atau reshuffle Kabinet Indonesia Maju. 

Pertanyaan itu disampaikan wartawan kepada Presiden usai peninjauan proyek sodetan Sungai Ciliwung di BBWS Ciliwung-Cisadane, Jakarta Timur, Selasa (24/1/2023). 

Wartawan bertanya apakah Presiden jadi melakukan reshuffle kabinet pada Rabu Pon yang jatuh pada 1 Februari 2023. Hal itu sebagaimana informasi yang beredar akhir-akhir ini. 

Baca Juga: Menko Airlangga Tegaskan, Persoalan Reshuffle Kabinet Itu Hak Presiden Jokowi!

Menanggapi pertanyaan itu, Presiden Jokowi tidak menjawab lugas. Mantan Wali Kota Solo itu hanya meminta publik menunggu.

"Tunggu," jawab Jokowi singkat.


Sumber : Kompas.com/Tribunnews.com

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x