Kompas TV nasional sosial

Tingkatkan Kapasitas Masyarakat, Kompas Gramedia Gelar Pelatihan Urban Farming

Kompas.tv - 25 Januari 2023, 04:45 WIB
tingkatkan-kapasitas-masyarakat-kompas-gramedia-gelar-pelatihan-urban-farming
Kompas Gramedia melaksanakan pelatihan Urban Farming untuk masyarakat RW 02 Gelora, RW 06 Grogol Utara dan RW 14 Grogol Utara (19/01/2023). (Sumber: Corp Comm Kompas Gramedia/Mochamad Ardiyanto)
Penulis : Redaksi Kompas TV | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kompas Gramedia melalui Program Corporate Social Responsibility (CSR) menggelar kegiatan pelatihan urban farming dengan tema “Intensifikasi Sarana Produksi Organik dan Kalender Tanam”. 

Kegiatan pelatihan ini sebagai bentuk upaya Kompas Gramedia dalam memberdayakan masyarakat sekitar perusahaan dalam bidang lingkungan. 

Pelatihan ini diikuti oleh 3 RW warga binaan Kompas Gramedia, yaitu RW 02 Gelora, RW 06 Grogol Utara dan RW 14 Grogol Utara.

Community & CSR Analyst Kompas Gramedia Mochamad Ardiyanto menyampaikan, kegiatan pelatihan urban farming ini sebagai awalan dari rangkaian-rangkaian pelatihan urban farming lainnya yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang hijau di tengah perkotaan.

“Pelatihan urban farming ini sebagai awalan dalam membangun kembali kegiatan-kegiatan pemberdayaan masyarakat di lingkungan sekitar perusahaan dan nantinya akan ada banyak lagi pelatihan-pelatihan urban farming untuk masyarakat di sekitar perusahaan." 

"Kegiatan ini juga kami lakukan untuk memberdayakan masyarakat dan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menemukan dan menggali potensi yang ada di lingkungan mereka,” ucap Communityt & CSR Analyst Kompas Gramedia Mochamad Ardiyanto.

Baca Juga: Peduli Gempa Cianjur, Kompas Gramedia Berkontribusi dalam Pemberian Bantuan Logistik

Rangkaian kegiatan pelatihan urban farming diawali dengan sesi pengenalan sarana produksi bahan organik dalam bertani, lalu dilanjutkan dengan praktik pembuatan sarana produksi bahan organik atau kompos dan mol dan ditutup dengan sesi diskusi penyusunan jadwal tanam dan identifikasi komoditas yang akan ditanam. Masyarakat sangat antusias dalam mengikuti kegiatan pelatihan urban farming.

“Kegiatan hari ini sangat bagus, dari penjelasan yang disampaikan sangat membantu dan memberikan ilmu baru bagaimana cara perawatan intensif terkait bahan organik, yaitu kompos dan mol. Karena memang kita sedang membutuhkan saran dan ide-ide baru mengenai pembuatan bahan organik dan hal-hal yang berkaitan dengan urban farming."

"Jadi kami berterima kasih kepada Kompas Gramedia yang sudah membuat kegiatan pelatihan ini,” ucap Staf RT 06, RW 06, Grogol Utara, Waluyo.

Kompas Gramedia dalam melaksanakan kegiatan pelatihan urban farming bekerja sama dengan Salam Rancage sebagai fasilitator dalam pelatihan. 

Kerja sama ini nantinya akan berlanjut dengan pendampingan-pendampingan dan monitoring terhadap kegiatan masyarakat binaan Kompas Gramedia untuk menciptakan lingkungan yang hijau dan sehat di tengah perkotaan.

Baca Juga: 10 Tahun Gerakan Diaspora Indonesia Global, Kompas Gramedia Dukung Peningkatan Literasi di IKN

Urban farming merupakan salah satu upaya mendorong penguatan masyarakat, yang menjadi konsen pihak Kompas Gramedia. Kondisi ini dibuktikan dengan adanya pelatihan urban farming yang diikuti oleh kelompok masyarakat sekitar Palmerah."

"Falsafah yang tepat untuk kegiatan tersebut adalah kemajuan Kompas Gramedia akan beririsan dan memunyai korelasi dengan kemajuan masyarakat sekitarnya,” ucap Expert Community Development Salam Rancage Bagus Priatna.


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.