Kompas TV entertainment musik

Efek Rumah Kaca Segera Rilis Album Keempat Rimpang , 10 Lagu Baru Menanti Penerka

Kompas.tv - 25 Januari 2023, 04:05 WIB
efek-rumah-kaca-segera-rilis-album-keempat-rimpang-10-lagu-baru-menanti-penerka
Vokalis Efek Rumah Kaca, Cholil Mahmud. ERK merilis album keempat mereka yang bertajuk Rimpang. (Sumber: Instagram/@sebelahmata_erk)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Band asal Jakarta, Efek Rumah Kaca (ERK) segera merilis album keempat yang bertajuk “Rimpang” pada 27 Januari 2023 mendatang. Album tersebut akan berisi 10 lagu yang siap menyapa Penerka, penggemar ERK.

Penabuh drum ERK, Akbar Bagus Sudibyo, mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang mendukung perilisan album “Rimpang” tersebut.

"Saya dan Reza mewakili dua personel lainnya yang sedang berada di Amerika, mengucapkan terima kasih atas dukungan semua orang di album ini," kata Akbar saat sesi dengar album "Rimpang" di Jakarta, Senin malam (23/1/2023), seperti dikutip dari Antara.

Baca Juga: Refleksi HUT ke-77 RI, Cholil Mahmud Efek Rumah Kaca: Kemerdekaan Bukan Seremonial Semata

“Kami merasa bersukacita sekaligus agak deg-degan juga karena akhirnya bisa merilis album penuh baru,” sambungnya.

10 lagu yang ada di album “Rimpang”, di antaranya Fun Kaya Fun, Bergeming, Heroik, Tetaplah Terlelap, Sondang, Kita yang Purba, Ternak Digembala, Rimpang, Bersemi Sekebun, dan Manifesto. 

Nama album diambil dari salah satu judul lagu yang ada di dalam album tersebut. Rimpang dinilai paling tepat mewakili pesan yang dibawakan ERK melalui album tersebut.

Istilah tersebut terinspirasi dari teori rhizome Gilles Deleuze dan Felix Guattari. “Rimpang” merupakan gambaran mengenai harapan, baik itu kecil maupun besar, muncul secara acak, tidak linier dan tanpa hierarki, dalam berbagai situasi, dan menjalar diam-diam.

Baca Juga: Lima Lagu tentang Desember yang Cocok Dibagikan ke Media Sosial, Bukan Hanya Efek Rumah Kaca

Album tersebut masih membawa ciri khas ERK yang membawa kritik sosial di setiap karya musiknya. Kritik tersebut dibawakan dalam lagu-lagu yang tetap easy listening melalui serangkaian proses kreatif ERK.

‘Rimpang” tak hanya digarap oleh Cholil Mahmud (vokal/gitar), Poppie Airil (vokal/bas), Akbar Bagus Sudibyo (drum) dan Reza Ryan (gitar), melain juga menggandeng seniman lain, yakni Suraa dalam lagu Fun Kaya Fun, dan Morgue Vanguard dalam lagu Bersemi Sekebun.

Sebelumnya, ERK merilis album penuh “Sinestesia” pada akhir 2015. Kuartet ini sempat mengeluarkan mini album “Jalan Enam Tiga” pada 2020 lalu.

 



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x