Kompas TV olahraga sepak bola

Hari Ini Marselino Ferdinan Terbang ke Belgia: Jalani Trial, dapat Dukungan Aji Santoso

Rabu, 25 Januari 2023 | 08:35 WIB
hari-ini-marselino-ferdinan-terbang-ke-belgia-jalani-trial-dapat-dukungan-aji-santoso
Pesepak bola Timnas Indonesia Marselino Ferdinan (kanan) merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Timnas Filipina dalam laga lanjutan Grup A Piala AFF 2022 di Rizal Memorial Stadium, Manila, Filipina, Senin (2/1/2023). Indonesia berhasil menang 2-1 atas Filipina, sekaligus memastikan langkah ke babak semi final. (Sumber: Kompas.tv/Ant/Akbar Nugroho Gumay/wsj)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

SURABAYA, KOMPAS.TV - Pada hari ini, Rabu 25 Januari 2023, gelandang muda Persebaya Surabaya Marselino Ferdinan dijadwalkan terbang ke Belgia.

Di negara tetangga Belanda itu, Marselino bakal menjalani trial dengan salah satu klub profesional di sana.

Kepergian wonderkid Timnas Indonesia ke Belgia dikonfirmasi oleh manajer Persebaya Surabaya, Yahya Alkatiri. 

"Untuk masalah Marsel, kami lihat dulu perkembangannya, yang jelas pekan ini, Insya Allah 25 Januari, dia ke Belgia," kata Yahya dikutip dari Antara, Selasa (24/1). 

Dengan perginya Marselino ke Belgia, maka gelandang serang berusia 18 tahun itu tidak akan bermain saat Persebaya melawat ke kandang Madura United di Stadion Ratu Pamelingan, Pamakesan, akhir pekan ini Minggu (29/1) untuk melakoni laga pekan ke-21 Liga 1 Indonesia 2022/2023.

Sementara untuk mekanisme Marselino ke Belgia, lanjut dia, sudah ada pembicaraan dengan ofisial dan akan segera diumumkan.

"Untuk kepastiannya akan ada pengumuman dari manajemen Persebaya," imbuh Yahya. 

Pelatih Persebaya Aji Santoso sendiri juga mendukung kepindahan anak asuhnya itu jika memang bisa lolos untuk bermain di salah satu klub Belgia. 

Baca Juga: Dorong Marselino di Piala AFF 2022, Alexandre Polking: Bagi Saya Ini Situasi yang Normal

Aji menambahkan, manajemen dan tim pelatih ikhlas jika harus melepas Marselino demi perkembangan kariernya. 

"Untuk keberangkatan Marselino manajemen yang akan mengumumkan, yang jelas saya sebagai pelatih, misalkan Marselino ke luar negeri untuk menjalani trial dan lolos, saya akan bangga dan saya akan support," kata Aji.

"Oleh karena itu, kemarin saya bilang, jika Marsel ke luar negeri dan tidak kembali ke Indonesia, saya akan ikhlas," imbuhnya. 

Klub Marselino Ferdinan di Belgia

Hingga saat ini, belum bisa dipastikan klub Belgia mana yang bakal menjadi tujuan Marselino Ferdinan. 

Agen Marselino, Dusan Bogdanovic, juga masih tutup mulut mengenai calon klub kliennya itu. 

Baca Juga: Viral Richarlison Posting Gol Marselino Ferdinan ke Gawang Filipina

Namun dilansir dari Tribunnews.com, ada nama dua klub Belgia yang paling santer bakal menjadi pelabuhan selanjutnya Marselino Ferdinan. 

Kedua klub tersebut adalah SK Beveren dan Beerschot VA yang saat ini berlaga di kasta kedua Liga Belgia atau Chalenger Pro League. 

Meski berada di kasta kedua, Beveren dan Beerschot saat ini sama-sama menempati papan atas klasemen dan berpeluang untuk promosi ke kasta teratas atau Pro League.

Beveren untuk sementara duduk di puncak klasemen dengan poin 38 dari 19 pertandingan. 

Tim yang dilatih Wilm De Decker itu juga tampil produktif dengan mampu mencetak 43 gol dengan hanya kebobolan 19 gol. 

Menariknya di laga terakhir, Beveren berhasil mengalahkan Beerschot dengan skor 2-0.

Beveren juga diketahui memiliki 17 pemain asing di mana tiga di antaranya berstatus pemain tim nasional yakni Joan Simun Edmudsson (Kepulauan Faroe), Shelfon Bateau (Trinidad) dan Dieumerci Mbokani (Kongo).

Baca Juga: Selebrasinya Diunggah Richarlison, Marselino Ferdinan Terkejut

Sama halnya dengan Beveren, Beerschot sekarang juga berada di papan atas klasemen dengan menempati posisi ketiga dengan poin 35.

Klub yang bermarkas di Stadion Olympisch, Antwerpen, Belgia dengan total kapasitas suporter lebih dari 12 ribu kursi itu juga mempunyai rataan skuad yang masih muda yaitu 23,8 tahun. 

Beerschot saat ini dilatih pelatih berusia 39 tahun asal Austria Andreas Wieland. 

Pada musim 2019/2020, Beerschot sempat berkompetisi di kasta teratas Liga Belgia. Namun tim berjuluk De Kielse Ratten itu harus terdegradasi pada musim lalu. 

Dengan Beveren dan Beerschot yang punya peluang promosi ke teratas, kedua klub tersebut bakal menjadi prospek yang bagus bagi karier Marselino Ferdinan ke depannya. 

Profil Marselino Ferdinan

Marselino Ferdinan mengawali karier sepak bolanya bersama Bintang Timur di Kompetisi Kapal Api Persebaya (KKAP) Seri A U15. 

Baca Juga: Marselino Ferdinan, Jenderal Lapangan Timnas U19 yang Pernah Sejajar dengan Gavi Barcelona

Kiprah pemain kelahiran 9 September 2004 itu kemudian berlanjut di ajang Elite Pro Academy U16.

Di ajang tersebut, ia mencatatkan namanya di papan skor saat Persebaya U16 kalah 1-2 dari Kalteng Putra, kemudian kembali mempersembahkan gol di laga menghadapi Borneo FC.

Penampilan apiknya di Seri 1 kala itu membuat Marselino dipanggil mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia U15.

Ia lantas memperkuat Timnas Indonesia  pada ajang Piala AFF U15 2019.

Pada Liga 1 musim 2021/2022, Marselino bergabung dengan tim utama Persebaya Surabaya. 


 

Adik kandung dari pemain PSIS Semarang Oktafianus Fernando tersebut melakukan debut pada 11 September 2021 dalam pertandingan melawan Persikabo.

Gol debutnya untuk Bajul Ijo datang pada 6 November 2021 dalam pertandingan melawan Arema FC yang berakhir imbang dengan skor 2-2.

Hingga saat ini, Marselino Ferdinan dipercaya pelatih kepala Timnas Indonesia Shin Tae-yong untuk memperkuat tim Garuda, baik junior maupun ke level senior. 

Baca Juga: Elkan Baggott Resmi Jadi Pemain Cheltenham Town, Kasta Ketiga Liga Inggris


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Ibu Yosua Minta Ferdy Hukuman Mati

Rabu, 1 Februari 2023 | 22:50 WIB
Close Ads x