Kompas TV regional berita daerah

Proyek Tol Yogyakarta-Solo Ditargetkan Rampung 2024

Kompas.tv - 24 Januari 2023, 12:24 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

TEMANGGUNG, KOMPAS.TV - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan bahwa dua proyek tol, yakni Tol Yogyakarta-Solo dan Yogyakarta-Bawen saat ini masih terus dikerjakan.

Untuk Proyek Strategis Nasional (PSN) Tol Yogyakarta-Solo seksi 1 ditargetkan akan selesai pada tahun 2024. Hal tersebut disampaikan saat peninjauan pengembangan wisata Jumprit di Temanggung, Jawa Tengah. Untuk saat ini, pengerjaan sudah memasuki tahap-tahap akhir, setidaknya jalan tol sudah bisa dilalui di bulan April hingga Juni tahun 2024.

Jalan Tol Yogyakarta-Solo akan terbagi dalam tiga seksi. Seksi 1 dari Kartasura hingga Purwomartani Sleman, Yogyakarta yang sedang dikerjakan. Seksi 2 dari Purwomartani sampai Gamping dan melewati Ring Road Utara. Kemudian, seksi 3 dari Gamping hingga Bandara Yogyakarta Kulonprogo.

“Dari Solo ke Purwomartani 2024 Insya Allah sudah bisa jadi,”kata Basuki Hadimuljono.

Sedangkan untuk proyek Tol Yogyakarta Bawen, Basuki menegaskan, tidak akan mencoba untuk memotong bukit, namun jalur tol tersebut nantinya akan menggunakan terowongan. Salah satu alasannya, yakni untuk menjaga kelestarian alam seperti hutan kopi yang ada di Banaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Rencananya, terowongan yang akan dibuat di proyek Tol Yogyakarta-Bawen sebanyak dua titik.

#menteripupr #semarang #proyekstrategisnasional



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.