Kompas TV nasional politik

Gibran Rakabuming Ungkap Keinginan Kaesang Pangarep Terjun ke Politik: Bapak juga Kaget

Kompas.tv - 24 Januari 2023, 12:15 WIB
gibran-rakabuming-ungkap-keinginan-kaesang-pangarep-terjun-ke-politik-bapak-juga-kaget
Ilustrasi. Putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan keinginan sang adik, Kaesang Pangarep, untuk terjun ke dunia politik, Selasa (24/1/2023). (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Desy Afrianti

SURAKARTA, KOMPAS.TV - Wali Kota Surakarta sekaligus putra pertama Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka, mengungkapkan keinginan sang adik, Kaesang Pangarep, untuk terjun ke dunia politik, Selasa (24/1/2023).

Gibran mengatakan bahwa Kaesang mengungkapkan keinginan untuk terjun ke dunia politik secara langsung kepada ayahnya, saat Presiden ke-7 itu pulang ke Surakarta.

"Yang kami bicarakan di meja makan itu Kaesang. Saya juga kaget, dia secara terbuka menyampaikan ke kami ada ketertarikan di politik," kata Gibran, Selasa (24/1) dilansir dari Antara.

Meski sudah mengetahui keinginan sang adik, Gibran mengaku belum dapat memastikan apakah Kaesang akan mulai terjun di dunia politik pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 2024.

"Nggak tahu, saya baru dengar kemarin. Bapak juga kaget. Biasanya nggak pernah membicarakan itu, ini penjajakan dulu," ujarnya.

Gibran menerangkan, ketertarikan Kaesang tersebut muncul karena ingin berkontribusi pada daerah. Apalagi, sejak beberapa tahun terakhir, putra bungsu Jokowi itu sudah terjun langsung mengurusi Klub Sepak Bola Persis Surakarta.

Baca Juga: Hari Ini Prabowo Makan Malam dengan Gibran di Solo, Apa yang Dibahas?

"Kalau saya lihat, misalnya Persis, itu kan yang kerja keras Kaesang. KLB (Kongres Luar Biasa) PSSI kan Kaesang juga intens di situ. Kalau saya lihat, mampu, anak muda, tapi belajarnya cepat," katanya memuji Kaesang.

Sementara itu, Gibran pun sempat mengajak Kaesang dan Jokowi ke beberapa proyek infrastruktur yang sedang dalam proses pengerjaan di Kota Surakarta.

"Kemarin kan kami ajak juga ke Solo Safari, Technopark, Ngarsopuro. Ya, melihat pembangunan-pembangunan di Solo. Pokok e ada ketertarikan untuk membangun, ikut membantu, lebih ke kontribusi," ujarnya.

Sementara itu, terkait partai politik yang ingin diikuti oleh Kaesang, Gibran mengaku belum mengetahuinya.

"Nanti biar Kaesang saja yang memutuskan," ujarnya.

Baca Juga: Ketua DPC PDIP Solo Belum Siapkan Figur Pengganti jika Gibran Bertarung pada Pilgub

Saat disinggung mengenai isu dinasti politik yang mungkin akan mencuat, Gibran mengatakan bahwa kontestasi dalam politik merupakan kompetisi.

"Bisa menang, bisa kalah. Kaesang kemarin hanya melontarkan keinginan, kalau keseriusan tanya Kaesang sendiri," ujarnya.

Sebagaimana telah diberitakan KOMPAS.TV sebelumnya, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana datang ke Surakarta selama beberapa hari. Salah satu agenda rombongan Presiden Jokowi adalah mengikuti jalan sehat peringatan hari lahir (harlah) Nahdatul Ulama pada Minggu (22/1/2023).


 



Sumber : Kompas TV/Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x