Kompas TV regional peristiwa

Gempa M 4,3 Guncang Cianjur Dini Hari, Warga Berhamburan, Sejumlah Rumah Rusak

Kompas.tv - 24 Januari 2023, 06:39 WIB
gempa-m-4-3-guncang-cianjur-dini-hari-warga-berhamburan-sejumlah-rumah-rusak
Sejumlah warga Cianjur memilih berada di luar rumah untuk mengantisipasi gempa susulan setelah gempa M 4,3 pada Selasa (24/1/2023. (Sumber: Tribun Jabar)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

BANDUNG, KOMPAS.TV - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,3 kembali mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, pada Selasa (24/1/2023) sekitar pukul 02.45 WIB. Warga pun lari berhamburan.

Ketua RT5/10 Perumahan Prima Nagrak Nusantara, Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Angga Purwanda mengatakan warga sempat lari keluar rumah usai merasakan getaran.

"Getaran gempa bumi getaranya cukup kuat, sehingga membuat warga panik, dan langsung berhamburan keluar rumah," ujar Angga, Selasa, dikutip dari Tribun Jabar.

Hingga saat ini sejumlah warga masih berada di luar rumah karena khawatir terjadi gempa susulan.

Baca Juga: Hari Ini Vaksin Booster Kedua Covid-19 Mulai Diberikan: Perhatikan Aturan, Syarat, dan Jenisnya

"Para warga belum berani kedalam rumah, dan lebih memilih tidur d luar ruangan, dan menggelar tikar," ujarnya.

Sejumlah Rumah Rusak

Selain itu, Angga mengabarkan sejumlah rumah yang sempat dilakukan perbaikan akibat gempa M5,4 pada pada 21 November 2022 lalu kembali ambruk dan rusak.

Terkini, lanjut Angga, setidaknya di wilayahnya tercatat ada sekitar 10 rumah yang mengalami rusak ringan. Namun tidak ada korban jiwa.


 

Sebagai informasi, akibat gempa M4,3 Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat agar berhati-hati terhadap gempa bumi susulan. 

"Saran BMKG: Hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi," tulis BMKG.

Baca Juga: Mobil SUV Tabrak Pohon Hingga Terguling di Kebayoran Baru, Pengemudi Diduga Mabuk!

BMKG mencatat, gempa Magnitudo 4.3 itu berada pada kedalaman 10 km dengan pusat gempa berada di darat 7 kilometer arah barat laut Kabupaten Cianjur.

BMKG menyampaikan, gempa juga turut dirasakan hingga wilayah III-IV Cianjur, III-IV Cikalongkulon, III-IV Cipanas, III-IV Sukabumi, III Purwakarta, II Jakarta Selatan, II Tangerang Selatan, II Bekasi, II Depok. 



Sumber : Kompas TV,Tribun Jabar

BERITA LAINNYA



Close Ads x