Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Meneropong Tank Leopard 2 yang Segera Dikirim ke Ukraina, Indonesia Punya Lebih 100 Unit

Kompas.tv - 24 Januari 2023, 06:40 WIB
meneropong-tank-leopard-2-yang-segera-dikirim-ke-ukraina-indonesia-punya-lebih-100-unit
Tank Leopard 2 RI Indonesia sedang latihan manuver. Menyusul tekanan kuat dari sekutunya, Jerman tampaknya beringsut untuk menyetujui pengiriman tank tempur utama Leopard 2 berteknologi tinggi yang diharapkan Ukraina dan pendukung Barat terbesarnya mampu meningkatkan perlawanan Kiev melawan Rusia. (Sumber: TNI AD)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

JENEWA, KOMPAS.TV - Menyusul tekanan kuat dari sekutunya, Jerman tampaknya beringsut untuk menyetujui pengiriman tank tempur utama Leopard 2 berteknologi tinggi yang diharapkan Ukraina dan pendukung Barat terbesarnya. Pengiriman tank tempur diharapkan mampu meningkatkan perlawanan Kiev terhadap Rusia.

Seperti laporan Associated Press, Senin (23/1/2023), selama akhir pekan Menteri Luar Negeri Jerman Annalena Baerbock mengatakan, Berlin tidak akan menghalangi jika Polandia ingin mengirimkan tank Leopard 2 dari gudang senjata melintasi perbatasan ke Ukraina. 

Saat ini Jerman juga tidak menyampingkan untuk memasok tank semacam itu ke Ukraina, namun memperingatkan bahwa implikasi dari langkah semacam itu perlu ditimbang dengan sangat hati-hati.

Indonesia sendiri punya tank Leopard 2A4 sebanyak 42 unit dan Leopard 2RI yang jauh lebih canggih sebanyak 61 unit.

Berikut ini adalah makna tank-tank itu bagi pertahanan Ukraina melawan pasukan Rusia, dan harapan untuk mengusir mereka.

Baca Juga: Polandia Akan Minta Izin Jerman Kirim Tank Leopard ke Ukraina, Bikin Koalisi Pembantu Kiev

Menyusul tekanan kuat dari sekutunya, Jerman tampaknya beringsut untuk menyetujui pengiriman tank tempur utama Leopard 2 berteknologi tinggi yang diharapkan Ukraina dan pendukung Barat terbesarnya mampu meningkatkan perlawanan Kiev melawan Rusia. (Sumber: AP Photo)

Apa Itu Tank Leopard 2?

Krauss-Maffei Wegmann dari Jerman, produsen Leopard 2, menyebutnya sebagai "tank tempur terkemuka di dunia" yang selama hampir setengah abad berhasil menggabungkan aspek daya tembak, perlindungan, kecepatan, dan kemampuan manuver, membuatnya dapat beradaptasi dengan banyak jenis situasi pertempuran dan duel pasukan tank.

Tank yang punya berbagai versi dengan berat antara 56 hingga 62 ton ini punya empat awak dan jangkauan tempur sekitar 500 kilometer, dan kecepatan tertinggi sekitar 68 kilometer per jam. Sekarang dengan empat varian utama, versi paling awal pertama kali digunakan pada tahun 1979.

Senjata utamanya adalah smooth bore gun 120mm dan memiliki sistem kontrol tembakan digital penuh.

Berapa Banyak Tank Leopard 2 yang Bisa Dikirim ke Ukraina?

Satu daya tarik besar dari tank buatan Jerman ini adalah jumlahnya yang banyak: Lebih dari 2.000 unit telah dikerahkan di lebih dari selusin negara Eropa dan Kanada. Secara keseluruhan, KMW mengatakan lebih dari 3.500 unit telah dipasok ke 19 negara, di antaranya Indonesia.

Rheinmetall AG, kontraktor pertahanan Jerman yang membuat meriam smoothbore 120mm di Leopard 2, mengatakan tank tersebut dikerahkan oleh “lebih banyak negara daripada negara lain”.

Menurut analisis baru-baru ini oleh International Institute for Strategic Studies, sebuah think tank global yang berbasis di London, sekitar 350 Leopard 2 dalam versi yang berbeda telah dikirim ke Yunani, dan Polandia punya sekitar 250 jenis yang berbeda. Finlandia punya 200 dalam status operasi atau status disimpan.

Untuk perang Ukraina melawan Rusia, “Diyakini tank Leopard 2 punya pengaruh yang signifikan dalam pertempuran, dibutuhkan setidaknya sekitar 100 tank,” tulis para analis IISS.

Menteri Pertahanan Ukraina menginginkan 300 tank, dan beberapa pemimpin Uni Eropa mendukungnya dalam hal itu.



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.