Kompas TV internasional kompas dunia

Usia Sudah Ada Takdirnya, tapi Secara Saintifik Berapa Lama Manusia yang Sehat Dapat Hidup?

Kompas.tv - 24 Januari 2023, 05:15 WIB
usia-sudah-ada-takdirnya-tapi-secara-saintifik-berapa-lama-manusia-yang-sehat-dapat-hidup
Lucille Randon atau Suster Andre, biarawati Prancis dan orang tertua di dunia meninggal dunia minggu lalu di usia 118 tahun. Wafatnya orang tertua di dunia pada usia 118 tahun menyalakan kembali perdebatan para ilmuwan, apakah ada batasan berapa lama manusia yang sehat dapat hidup? (Sumber: Annabelle Lullier-Bannal)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

PARIS, KOMPAS.TV - Wafatnya orang tertua di dunia pada usia 118 tahun menyalakan kembali perdebatan para ilmuwan, apakah ada batasan berapa lama manusia yang sehat dapat hidup?

Setelah biarawati Prancis Lucile Randon meninggal minggu lalu, nenek asal Spanyol Maria Branyas Morera, 115 tahun, mengambil gelar orang tertua yang masih hidup, menurut Guinness World Records seperti laporan France24, Senin (23/1/2023).

Kembali ke abad ke-18, naturalis Prancis Georges-Louis Leclerc, yang dikenal sebagai Comte de Buffon, berteori bahwa seseorang yang tidak mengalami kecelakaan atau penyakit dapat hidup selama maksimal 100 tahun secara teoretis.

Sejak itu, kemajuan medis dan peningkatan kondisi kehidupan mendorong batas tersebut kembali beberapa dekade.

Tonggak sejarah baru tercapai ketika perempuan Prancis Jeanne Calment merayakan ulang tahunnya yang ke-120 tahun 1995.

Calment meninggal dua tahun kemudian pada usia 122 tahun. Dia tetap menjadi orang tertua yang pernah hidup - setidaknya yang telah diverifikasi.

Menurut PBB, diperkirakan ada 593.000 orang berusia 100 tahun atau lebih pada tahun 2021, naik dari 353.000 satu dekade sebelumnya.

Jumlah centenarian, atau manusia yang hidup lebih dari seratus tahun dan saat ini masih hidup, diperkirakan akan meningkat lebih dari dua kali lipat selama dekade berikutnya, menurut badan data Statista.

Comte de Buffon mungkin juga terkejut dengan munculnya supercentenarian, atau orang berusia 110 tahun atau lebih, yang jumlahnya meningkat sejak 1980-an.

Baca Juga: Luar Biasa! Orang Tertua di Amerika Serikat Rayakan Ulang Tahunnya yang ke-115

Jeanne Chalmet saat merayakan ulang tahun ke 120. Wafatnya orang tertua di dunia pada usia 118 tahun menyalakan kembali perdebatan para ilmuwan, apakah ada batasan berapa lama manusia yang sehat dapat hidup. (Sumber: Radio France International)

Batas Alami pada Usia 115 Tahun?

Jadi seberapa jauh kita bisa pergi? Para ilmuwan tidak setuju, dengan beberapa menyatakan umur spesies manusia dibatasi oleh batasan biologis yang ketat.

Tahun 2016, ahli genetika yang menulis di jurnal Nature mengatakan tidak ada peningkatan umur panjang manusia sejak akhir 1990-an.

Menganalisis data demografis global, mereka menemukan umur maksimum manusia menurun sejak kematian Calment,  meskipun ada lebih banyak orang lanjut usia di dunia.

"Mereka menyimpulkan umur manusia punya batas alami dan umur panjang terbatas sekitar 115 tahun," kata ahli demografi Prancis Jean-Marie Robine seperti dikutip France24.

"Tetapi hipotesis ini sebagian dibantah oleh banyak ahli demografi," kata Robine, spesialis centenarian di institut penelitian medis INSERM.



Sumber : France24/Radio France International

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.