Kompas TV nasional kompas petang

Efek Jokowi: Kepuasan atas Kinerja Presiden Dinilai Turut Kerek Elektabilitas Ganjar dan PDIP

Kompas.tv - 23 Januari 2023, 19:10 WIB
efek-jokowi-kepuasan-atas-kinerja-presiden-dinilai-turut-kerek-elektabilitas-ganjar-dan-pdip
Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan (kiri) dan politikus senior PDIP, Aria Bima (tengah) saat menyampaikan keterangan dalam siaran Kompas TV, Senin (23/1/2023). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI) Djayadi Hanan menyebut terdapat keterkaitan antara kepuasan masyarakat atas kinerja pemerintahan Joko Widodo dengan elektabilitas Ganjar Pranowo dan PDI Perjuangan.

Hal tersebut disampaikan Djayadi menanggapi survei nasional yang dirilis LSI pada Minggu (22/1/2023) lalu. Dalam survei tersebut, sebanyak 76,2% masyarakat merasa puas dengan kinerja Jokowi.

Survei tersebut juga merekam persepsi masyarakat atas kondisi ekonomi, pandemi, serta politik elektoral. Survei LSI menunjukkan bahwa sosok kandidat presiden dan partai politik paling populer saat ini adalah Ganjar Pranowo dan PDIP.

"Terlihat ada korelasi positif antara tingkat kepuasan kepada presiden dengan tingkat dukungan kepada Ganjar,” kata Djayadi dalam program “Kompas Petang” Kompas TV, Senin (23/1/2023).

“Tingkat kepuasan kepada presiden itu bisa menjadi salah satu faktor yang membantu Ganjar tingkatkan elektabilitas,” lanjutnya.

Baca Juga: Kinerja Jokowi Dinilai Memuaskan, LSI: Semakin Tinggi Pendapatan, Semakin Puas dengan Kinerja Jokowi

Lebih lanjut, Djayadi menyebut keterkaitan penilaian positif atas kinerja presiden dengan elektabilitas parpol dan sosok tertentu sebagai fenomena umum di negara demokrasi.

Soal mengapa sosok itu adalah Ganjar, Djayadi menyebut Gubernur Jawa Tengah itu merupakan tokoh yang diasosiasikan paling dekat dengan Jokowi sekaligus kader PDIP paling populer di mata masyarakat.

“Misalnya, akhir tahun lalu ada kumpul-kumpul di Senayan kalau nggak salah, Jokowi walaupun tidak menyebut nama kan (mengode) pilihlah presiden yang rambutnya putih, yang mikirin rakyat, dan sebagainya. Itu kan sebetulnya masyarakat mahfum lah maksudnya ke Ganjar,” kata Djayadi.

Sementara itu, politikus senior PDIP, Arya Bima menegaskan elektabilitas tinggi PDIP dan Ganjar yang terekam partai adalah buah kinerja partai.

"Hasil survei adalah akibat dari partai politik yang konsisten. Tidak hanya memberikan kemenangan, tetapi juga mendukung pemerintah,” kata Arya.

Aria Bima menyorot keterkaitan antara perepsi kinerja positif Jokowi dengan responden yang mendukung PDIP. Menurutnya, hal tersebut menunjukkan efek kinerja PDIP dalam mendukung pemerintahan sehingga menimbulkan citra positif di mata masyarakat.

"Jelas sekali konsistensi Partai PDI Perjuangan dalam mendukung pemerintah, dan itu berakibat pada tingkat kepuasan publik. Ada satu korelasi yang kuat bagaimana PDI Perjuangan menjadi partai paling unggul saat ini,” kata Aria.

Dalam simulasi pilpres yang digelar LSI, Ganjar menjadi nama dengan perolehan suara responden tertinggi, disusul Anies Baswedan dan Prabowo Subianto.

Sementara terkait partai, PDIP menjadi parpol dengan elektabilitas tertinggi, disusul Gerindra dan Demokrat.

Baca Juga: LSI: Ganjar Unggul di Semua Simulasi Pilpres 2024, Prabowo dan Anies Saling Kejar


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.