Kompas TV regional politik

Ketua DPC PDIP Solo Belum Siapkan Figur Pengganti jika Gibran Bertarung pada Pilgub

Kompas.tv - 23 Januari 2023, 18:55 WIB
ketua-dpc-pdip-solo-belum-siapkan-figur-pengganti-jika-gibran-bertarung-pada-pilgub
Gibran Rakabuming Raka berbaju PDIP. Ketua DPC PDIP Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, mengaku belum menyiapkan figur pengganti Gibran sebagai Wali Kota Solo, jika putra Presiden Jokowi itu maju pada pilgub. (Sumber: Tribun Solo/Djimboeng Photo)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

SOLO, KOMPAS.TV – Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Solo FX Hadi Rudyatmo mengaku belum menyiapkan figur pengganti Gibran Rakabuming Raka sebagai Wali Kota Solo, jika nantinya putra Presiden Joko Widodo itu bertarung pada pemilihan gubernur (pilgub).

Rudy, sapaan akrabnya, mengatakan, DPC PDIP Kota Solo, masih menfokuskan pada kemenangan Pemilu 2024, baik legislatif maupun presiden.

"Kalau itu (figur pengganti Gibran) belum mengarah ke sana. Target saya memenangkan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden dulu. Baru kami mengarah ke pilkada," kata Rudy saat ditemui di Pucang Sawit, Solo, Senin (23/1/2023), dikutip Kompas.com.

Meski demikian, lanjut Rudy, ada sejumlah figur yang dipersiapkan untuk diusung menjadi calon Wali Kota Solo, namun mereka belum cukup siap.

"Banyak kader di Solo. Sudah mulai disiapkan. Tapi kan masih harus dielus-elus sik," kata Rudy.

"Nek tak bocorke saiki, ora surprise suk mben noh (kalau saya bocorkan sekarang, tidak kejutan, lain kali saja)," ucap mantan Wali Kota Solo itu.

Dilansir Kompas.com, saat ini ada sejumlah tokoh dari kader PDIP yang patut diperhitungkan menjadi calon Wali Kota Solo.

Baca Juga: Gibran Siap Maju dalam Pilgub 2024 Jika Dapat Mandat Megawati : Saya Sih Siap!

Beberapa di antaranya adalah Wakil Wali Kota Solo saat ini, Teguh Prakosa, kemudian sejumlah legislator yang menjabat beberapa periode di DPRD Solo, seperti YF Sukasno, Honda Hendarto, Budi Prasetyo, Janjang Sumaryono Aji dan Suharsono.

Tetapi, nama-nama ini belum bisa dikatakan sebagai calon pengganti karena belum ada keputusan final mengenai bakal calon ini.



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x