Kompas TV internasional kompas dunia

Tetangga Kedubes Korea Utara di London Ungkap Kekhawatiran, Takut Dimata-Matai

Kompas.tv - 23 Januari 2023, 17:09 WIB
tetangga-kedubes-korea-utara-di-london-ungkap-kekhawatiran-takut-dimata-matai
Kedubes Korea Utara di London, Inggris ternyata membuat tetangganya khawatir dimata-matai dengan banyaknya kamera pengintai. (Sumber: PA Via Daily Mail)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Purwanto

LONDON, KOMPAS.TV - Para warga tetangga dari Kedutaan Besar Korea Utara di London mengungkapkan kekhawatirannya selama dua dekade hidup bersama.

Mereka rupanya takut dimata-matai oleh negara yang dipimpin oleh Kim Jong-un tersebut, dengan banyaknya kamera pengintaian di tempat itu.

Berbeda dengan kedutaan negara lain di Ibu Kota Inggris itu, Kedubes Korea Utara tersembunyi di pinggiran kota London yang rimbun di Gunnersbury Avenue, Ealing, pada 20 tahun terakhir.

Kedubes Korea Utara tersebut terletak di antara properti perumahan, taman, dan beberapa klub olahraga di yang berada di pinggiran kota London.

Baca Juga: Eks Menlu AS Mike Pompeo Gambarkan Sosok Kim Jong Un dan Vladimir Putin: Mereka Punya Selera Humor

Kedutaan tersebut merupakan properti tujuh kamar tidur semi-terpisah yang dibangun pada tahun 1920-an, bisa disalahartikan sebagai rumah keluarga khas Inggris.

Rumah itu terlihat sangat biasa, dengan semak yang dipotong rapi dan ring basket plastik di taman.

Dilansir dari Daily Mail, warga sekitar mengungkapkan penduduknya berpakaian rapi tetapi sopan ketika disapa oleh tetangga.

Mereka menjadi tuan rumah acara memanggang dan membuang sampah secara teratur, tetapi kebanyakan menyendiri.

Tetapi setelah diperiksa lebih dekat, kamera keamanan berbaris di setiap sudut rumah dan Mercedes hitam legam yang diparkir di jalan masuk beraspal menggunakan pelat nomor diplomatik.

“Saya agak lupa bahwa mereka ada di sana. Saya tak tahu apakah mereka ikut serta dalam komunitas atau hal-hal seperti Halloween atau apa pun, saya tak pernah menyadarinya,” ujar salah satu warga di sana.

Sementara yang lainnya sedikit mengeluh dengan keberadaan Kedubes Korea Utara tersebut, karena merasa seperti dimata-matai.

Baca Juga: Warga Korea Utara Ternyata Merana saat Tahun Baru Imlek, Dicekik Kenaikan Harga Bahan Pangan

“Kami kesal ketika mereka memasang kamera besar itu, karena merasa kamera itu bisa melihat ke dalam rumah. Saya merasa benda itu bisa melihat ke kamar tidur saya,” ujar warga yang tak mau disebut namanya itu.

“Kami tidak yakin untuk apa itu, semua orang mengatakan itu untuk jalan, tapi kami tak tahu pasti,” tambahnya.

Rezim Kim Jong-un memang terkenal dengan reputasinya yang menunjung kerahasiaan ekstrem, sensor kepada warganya dan hanya mengizinkan jumlah kecil pendatang yang masuk negaranya.

Itu pun terlihat dari Kedubes mereka di Ealing yang jauh dari kemewahan seperti Kedutaan Besar negara lain di London.



Sumber : Daily Mail

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.