Kompas TV video vod

Miris! Sudah 5 Tahun Ruang Kelas SD Negeri Citalahab Tak Kunjung Diperbaiki

Kompas.tv - 23 Januari 2023, 16:27 WIB
Penulis : Kharismaningtyas

TASIKMALAYA, KOMPAS.TV - Lima ruang kelas di Sekolah Dasar Negeri Citalahab di Kecamatan Karangjaya, Kabupaten Tasikmalaya tak lagi layak untuk digunakan.

Karena kerusakan terjadi di banyak tempat, seperti dinding berlumut, jendela dan pintu yang tak lagi utuh, dan ruang kelas serta atap yang hancur. Kondisi ini berlangsung sudah hampir 5 tahun, dan berdampak pada kegiatan belajar siswa.

Jika terjadi hujan para siswa terpaksa mengikuti pembelajaran digabung dengan ruang kelas lain. Namun jika tidak hujan, ruang kelas tak layak ini terpaksa tetap digunakan.

Sebelumnya, pihak sekolah sudah melaporkan ke dinas pendidikan terkait adanya ruang kelas yang tak layak,namun, tidak kunjung diperbaiki dengan alasan keterbatasan anggaran.

Pihak sekolah beberapa kali mencoba memperbaiki seadanya, agar ruang kelas masih dapat digunakan untuk belajar-mengajar. Namun, karena kondisi bangunan yang sebagian besar terbuat dari kayu makin lapuk, akhirnya ada satu ruang kelas yang tak lagi digunakan.

Adanya laporan kerusakan tersebut, Sekda Kabupaten Tasikmalaya dan dinas pendidikan meninjau lokasi untuk melihat langsung kerusakan.

Pemerintah Tasikmalaya berjanji akan memperbaikinya pada tahun ini. Pemerintah menyebut lambatnya pembangunan terhadap sekolah rusak di Kabupaten Tasikmalaya, lantaran ada tahapan prosedur yang harus ditempuh dan diakui anggaran sangat terbatas.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x