Kompas TV nasional viral

Heboh, Pengendara Motor Menelepon Sambil Isi BBM, Pertamina: Bisa Picu Kebakaran!

Kompas.tv - 23 Januari 2023, 14:07 WIB
heboh-pengendara-motor-menelepon-sambil-isi-bbm-pertamina-bisa-picu-kebakaran
Tangkapan layar yang menunjukkan orang tengah menelpon sembari mengisi bahan bakar minyak di salah satu SPBU. (Sumber: Istimewa)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebuah video yang menampilkan seseorang tengah mengisi bahan bakar minyak (BBM) di salah satu SPBU sembari menelpon viral di media sosial.

Pengendara yang mengisi di SPBU secara self service tersebut melakukan pengisian secara mandiri. Sembari mengisi bahan bakar untuk kendaraan roda duanya, ia juga tengah menelpon.

Video tersebut diunggah oleh akun Instagram, @dashcam_owners_indonesia, Sabtu (21/1/2023) kemarin. Hingga saat ini video tersebut telah disaksikan sebanyak lebih dari 77 ribu kali.

"Ini kondisi nozel lagi nyolok ke tangki, lagi proses pengisian, dia malah sambil telepon," tulis pengunggah.

Baca Juga: Soal Larangan Beli BBM Pindah SPBU, Begini Penjelasan Pertamina

Menanggapi kejadian tersebut Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Eko Kristiawan mengungkapkan kegiatan menerima atau menelpon saat melakukan pengisian BBM jelas dilarang.

"Termasuk saat sedang proses pengisian BBM karena ada potensi bahaya yang sebaiknya dihindari," terangnya, Senin (23/1/2023) dikutip dari Kompas.com.


 

Eko menjelaskan kegiatan seperti itu bisa memicu paparan uap yang bisa menimbulkan kebakaran. Dalam beberapa kasus ada percikan api yang menyebabkan kebakaran pada kendaraan.

"Telepon seluler tidak didesain dan tidak memiliki sertifikasi khusus untuk digunakan di area berbahaya tersebut," ujar Eko.

Baca Juga: Diduga karena Korsleting di Mesin Mobil, Angkutan Umum Hangus Terbakar di SPBU!

Senada Kepala SPBU Pertamina Cikini dan Pramuka Paimin menyatakan terdapat bahaya yang ditimbulkan dari menelpon sembari mengisi BBM.

"Betul terkait larangan menggunakan ponsel di area pulau pompa SPBU, terutama saat proses pengisian BBM, di mana ada uap BBM menyebar di radius 1,5 sampai 3 meter. Sangat tinggi risiko adanya kebakaran," kata Paimin.

Listrik bisa muncul akibat koneksi dari ponsel dan kerengganan baterai ponsel bisa jadi pemicu percikan api keluar.


MyPertamina sempat memberikan imbauan penggunaan aman penggunaan ponsel di area SPBU. Berikut daftar imbauan dan larangannya dikutip dari situs MyPertamina

Boleh pakai ponsel di SPBU

  • Di public area, seperti convenience store, foodcourt, dan kantor
  • Untuk pembayaran menggunakan MyPertamina dari dalam mobil atau dengan jarak aman 1,5 meter dari dispenser SPBU.

Tidak boleh pakai ponsel di SPBU

  • Di area tangki
  • Area pembongkaran SPBU
  • Terlalu dekat dengan pompa pengisian.


Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x